Alat gerak pada manusia beserta fungsi nya

Posted on

Alat gerak pada manusia beserta fungsi nya

Jawaban Terkonfirmasi

Alat gerak pada manusia beserta fungsinya adalah:

  1. Rangka: memberi bentuk dan postur tubuh serta menjadi alat gerak pasif bagi tubuh manusia.
  2. Otot: menggerakkan rangka sehingga dianggap sebagai alat gerak aktif.
  3. Sendi: memungkinkan otot menggerakkan rangka dalam tubuh manusia.

PEMBAHASAN

Rangka, otot, dan sendi merupakan alat gerak yang terdapat pada tubuh manusia. Ketiga organ ini membentuk sebuah sistem organ yang disebut sistem gerak.

  1. Rangka manusia terdiri atas berbagai macam jenis tulang, seperti tulang pipa, pendek, pipih, tidak beraturan, dan sesamoid. Lapisan pada tulang secara umum dari terluar sampai ke terdalam secara berurutan adalah: 1) Periosteum, 2) tulang kompak, 3) tulang spons, 4) Endosteum, 5) sumsum tulang.
  2. Otot manusia terbagi menjadi 3 jenis, yaitu otot polos, jantung, dan lurik. Otot polos dan jantung bekerja secara tak sadar, sedangkan otot lurik bekerja secara sadar. Otot polos dan jantung melekat pada berbagai organ di dalam tubuh manusia—otot jantung hanya melekat di organ jantung, sementara otot lurik hanya melekat pada rangka.
  3. Sendi manusia merupakan penghubung tulang yang terdapat di rangka manusia. Persendian manusia dapat dibagi menjadi 3 berdasarkan banyak tidaknya digerakkan, yaitu: sinartrosis (tidak dapat bergerak sama sekali), amfiartrosis (pergerakan terbatas), dan diartrosis (dapat bergerak secara leluasa). Sendi diartrosis terbagi menjadi 5, yaitu: sendi peluru, engsel, pelana, geser, dan ellipsoidal.

PELAJARI LEBIH LANJUT

Kelainan-kelainan pada alat gerak manusia:

Upaya menjaga kesehatan alat gerak manusia:

DETAIL JAWABAN

Mapel: Biologi

Kelas: 9

Materi: Rangka dan otot manusia

Kode Kategorisasi: 9.4.1

#TingkatkanPrestasimu