Apakah persamaan serta perbedaan pendidikan zaman kolonial dengan zaman sekarang? (anda bisa mengaitkan jawaban anda dengan refleksi pengalaman yang anda tulis di sesi mulai dari diri)

Posted on

Apakah persamaan serta perbedaan pendidikan zaman kolonial dengan zaman sekarang? (anda bisa mengaitkan jawaban anda dengan refleksi pengalaman yang anda tulis di sesi mulai dari diri)

Jawaban Terkonfirmasi

Perbedaan pendidikan zaman kolonial dengan zaman sekarang adalah terletak dalam metode dan fasilitas yang digunakan. Pada zaman dahulu mereka tidak ada buku penunjang seperti sekarang ini, mereka hanya mengandalkan gurunya dan menulis pada selembar kertas dan mengingatnya. Pada zaman sekarang pendidikan sudah maju mereka menggunakan berbagai fasilitas yang menunjang seperti hp, buku dan masih banyak lagi.

Pembahasan

Pendidikan adalah pembelajaran pengetahuan, keterampilan, dan kebiasaan sekelompok orang yang diturunkan dari satu generasi ke generasi berikutnya melalui pengajaran, pelatihan, atau penelitian. Pendidikan sering terjadi di bawah bimbingan orang lain, tetapi juga memungkinkan secara otodidak. Pendidikan di Indonesia bersifat wajib dan telah diakui oleh pemerintah. Meskipun demikian banyak juga orang yang tidak mau datang ke sekolah untuk melaksanakan pembelajaran, tak sedikit dari orang tua yang memilih pembelajaran jarak jauh, pendidikan home-schooling untuk anaknya. Martinus Jan Langeveld, pendidikan ialah upaya untuk membantu peserta didik agar mereka mampu mengerjakan tugas kehidupan secara mandiri dan bertanggung jawab secara oral dan susila. Dalam hal ini, pendidikan juga diartikan sebagai upaya untuk membangun anak agar lebih dewasa.

Berikut fungsi pendidikan :

  1. Meringankan orang tua untuk mengawasi anaknya, sekolah akan menghandle tugas dan wewenangnya dan menggantikan perannya dalam mendidik anaknya agar menjadi anak yang cerdas serta berawawasan luas.
  2. Untuk mempertahankan kelas sosial, pendidikan yang dilakukan di sekolah akan membuat anak mensosialisasikan dirinya dengan lebih mudah. Dalam lingkungan sekolah anak akan dibantu untuk menghargai perbedaan satu sama lain.
  3. Untuk mengembangkan bakat, di lingkungan sekolah anak akan diajari bagaimana cara untuk menggali potensi bakat yang ada pada dirinya.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian pendidikan brainly.co.id/tugas/4009165
  2. Materi tentang manfaat pendidikan secara umum brainly.co.id/tugas/2422941
  3. Materi tentang tujuan pendidikan brainly.co.id/tugas/2371303

—————————————————————————————————-

Detail jawaban

Kelas: –

Mapel: –

Bab: –

Kode: –

#AyoBelajar

#SPJ2