Secara garis besar atmosfer bumi dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bawah . sebutkan dan jelaskan

Posted on

Secara garis besar atmosfer bumi dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bawah . sebutkan dan jelaskan

Jawaban Terkonfirmasi

Secara garis besar atmosfer bumi dibagi menjadi dua bagian yaitu bagian atas dan bawah.

  1. Lapisan Atmosfer Bawah terdiri dari lapisan Troposfer, Stratosfer dan Mesosfer, dengan komposisi berupa gas biasa, seperti nitrogen, oksigen dan karbon dioksida.
  2. Lapisan Atmosfer Atas terdiri dari lapisan Termosfer dan Eksosfer , yang memiliki kandungan banyak berupa gas terionisasi, ion, dan elektron. Hal ini karena lapisan atmosfer atas menerima banyak radiasi sinar matahari, yang menyebabkan ionisasi gas-gas di lapisan ini.

Pembahasan:

Atmosfer adalah lapisan udara yang berada di atas permukaan bumi. Atmosfer tersusun dari gas-gas seperti nitrogen (75%), oksigen (21%) dan gas-gas lainnya. Atmosfer terdiri dari beberapa lapisan yaitu Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer dan Eksosfer.

1. Lapisan Troposfer

Lapisan Troposfer adalah lapisan atmosfer pertama dan terletak paling bawah.  Lapisan ini memiliki ketinggian hingga di ketinggian 10 km dari permukaan bumi.  Lapisan ini menyusun 75% dari massa udara di atmosfer.  Pada lapisan ini terjadi gejala cuaca seperti awan, petir dan hujan.  

Awan adalah uap air yang mengumpul dan membentuk gumpalan di lapisan atmosfer. Bila awan ini berada pada kondisi tepat, akan membentuk air dan turun sebagai hujan.

2. Lapisan Stratosfer

Lapisan Stratosfer adalah lapisan kedua atmosfer, di atas lapisan troposfer. Lapisan stratosfer ini terletak 12 – 60 km dari permukaan bumi dan merupakan tempat lapisan ozon yang menyaring sinar ultraviolet.

3. Lapisan Mesosfer

Lapisan Mesosfer berada di atas lapisan stratosfer, pada ketinggian 50 km hingga 85 km.  Lapisan ini sangat dingin, hingga suhu -90 ° C. Pada lapisan ini, meteor yang masuk ke bumi terbakar akibat gesekan dengan molekul udara.

4. Lapisan Termosfer

Lapisan Termosfer, disebut juga dengan ionosfer, berada di atas lapisan mesosfer, pada ketinggian hingga 800 km dari permukaan bumi.  Di lapisan ini terjadi ionisasi partikel udara oleh radiasi matahari. Termosfer merupakan tempat mengorbitnya satelit mengelilingi bumi.

5. Lapisan Eksosfer

Lapisan Eksosfer berada pada ketinggian diatas 800 km,  merupakan lapisan atmosfer terluar dan berbatasan dengan ruang hampa di luar angkasa.

Pelajari lebih lanjut lapisan atmosfer yang berfungsi menghancurkan meteor di: brainly.co.id/tugas/15745304

Pelajari lebih lanjut manfaat penyelidikan atmosfer di: brainly.co.id/tugas/5517400

Pelajari lebih lanjut lapisan atmosfer yang suhunya paling tinggi di: brainly.co.id/tugas/5728489  

——————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode:  8.4.9

Kelas: VIII  

Mata Pelajaran: Geografi      

Materi: Bab 9 – Struktur Bumi