Sebutkan aspek aspek teknis yang harus diperhatikan dan dikaji dalam kegiatan agribisnis tanaman​

Posted on

Sebutkan aspek aspek teknis yang harus diperhatikan dan dikaji dalam kegiatan agribisnis tanaman​

Jawaban:

a. Aspek teknis-ekonomis

Termasuk dalam aspek ini adalah biaya transportasi, baik dari pusat produksi ke lokasi sumber bahan baku atau dari pusat produksi ke pasar. Perlu juga dilihat ada tidaknya sarana jalan di tempat tersebut. Tersedianya sarana jalan yang berfungsi memperlancar transportasi akan menurunkan biaya operasional. Kelancaran transportasi memang sangat diperlukan karena akan membantu kegiatan pasca panen, terutama dalam hal pengangkutan hasil produksi.

Ketersediaan tenaga kerja, tingkat upah tenaga kerja, peluang perluasan usaha, harga tanah, serta sarana penunjang lain, seperti listrik dan air juga harus diperhatikan.

b. Aspek iklim

Aspek iklim diperlukan untuk menentukan jenis agribisnis yang akan diusahakan. Aspek ini meliputi suhu udara, kelembaban, curah hujan, dan intensitas cahaya.

c. Aspek agronomis

Tercakup dalam aspek ini antara lain topografi lahan, jenis dan kondisi tanah, serta sistem drainase. Aspek iklim dan agronomis sering dijadikan satu menjadi agroklimat. Untuk lebih jelasnya, aspek agroklimat diuraikan pada materi Pengendalian Produksi.

d. Aspek lingkungan dan sosial budaya masyarakat di sekitar lahan

Aspek ini meliputi dukungan masyarakat di sekitar lahan, penyesuaian diri masyarakat terhadap modemisasi, pandangan masyarakat terhadap bisnis, ada-tidaknya kerja sama yang saling menguntungkan, kompetisi dengan pengusaha lain, perilaku pedagang perantara, dan keadaan sosial ekonomi masyarakat di sekitar lokasi agribisnis.

e. Aspek tata kota

Ada kawasan-kawasan tertentu yang oleh pemerintah dilarang untuk pendirian agribisnis pertanian dengan alasan tata kota. Di kawasan ini jelas tidak dapat dipilih sebagai lokasi usaha meskipun aspek-aspek lainnya telah terpenuhi.

maaf kalo salah