Contoh sejarah dari kegunaan -edukatif -instruktif -inspiratif -rekreatif

Posted on

Contoh sejarah dari kegunaan
-edukatif
-instruktif
-inspiratif
-rekreatif

Jawaban Terkonfirmasi

Kelas: SMA
Pelajaran: sejarah
Kategori: kegunaan sejarah
Pembahasan:

Contoh sejarah dari kegunaan instruktif yaitu menggunakan peristiwa sejarah sebagai bahan pengajaran bagi siswa. Misalnya: memberi tugas membuat proyek kliping sejarah masa orde baru dan membuat essay tentangnya.

Contoh sejarah dari kegunaan edukatif yaitu menggunakan sejarah sebagai bahan pelajaran dan analisa dalam melangkah kedepan dengan lebih bijaksana. Misalnya: menelaah akibat dari kebijakan pre-emptive strike presiden AS ke 43 George W Bush yang ceroboh dan sepihak dalam menangani terorisme yang berakibat panjang hingga munculnya ISIS sekarang.

Contoh sejarah dari kegunaan inspiratif yaitu menggunakan sejarah sebagai bahan mendapatkan ilham dari sebuah kepahlawanan atau keberhasilan tokoh-tokoh sejarah yang inspiratif. Misalnya: meneladani kisah hidup Johan Cryuff, seorang maestro sepakbola Belanda yang idealis, loyal dan menjadi legenda walaupun tidak pernah menjadi juara dunia. Ia lah pencetus sepakbola indah tiki-taka Barcelona yang fenomenal.

Contoh sejarah dari kegunaan rekreatif yaitu menggunakan sejarah sebagai sarana untuk mendapatkan hiburan karena memberi kesenangan estetis. Misalnya: mengagumi karya sastra legendaris dari William Shakespeare yang tidak lekang waktu dengan drama yang menggunakan bahasa yang indah seperti Romeo & Juliet, The Merchant of Venice, Two Gentlemen of Verona dll.
Contoh sejarah dari kegunaan inspiratif yaitu