Berdasarkan pernyataan di atas, fungsi Pancasila sebagai dasar negara di tunjukan pada nomor?

Posted on

Berdasarkan pernyataan di atas, fungsi Pancasila sebagai dasar negara di tunjukan pada nomor?

Jawaban:

Fungsi Pancasila memuat lima manfaat umum dan lima Manfaat spesifik, seperti; sebagai panduan hidup, sumber hukum, sumber norma, perjanjian luhur, dan falsafah hidup bangsa Indonesia. Para pendiri bangsa memilih Pancasila sebagai dasar negara dan negara ideologi bukan tanpa alasan. Pancasila dipilih karena memiliki fungsi mendasar untuk eksistensi bangsa Indonesia.

Penjelasan:

Fungsi umum Pancasila

Pancasila sebagai panduan hidup bangsa Indonesia

Artinya, nilai-nilai dan makna Pancasila menjadi petunjuk segala sesuatu dan tindakan warga Indonesia dalam kehidupan berbangsa dan bernegara. Nilai-nilai Pancasila berpartisipasi dalam diskusi mana yang baik dan mana yang buruk dalam proses mengambil kebijakan dan memecahkan masalah bangsa.

Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum

Artinya, lima sila Pancasila menjadi acuan dalam proses pembuatan peraturan yang ditetapkan oleh negara. Semua peraturan yang dirancang, dibuat dan disahkan tidak dapat disetujui dengan nilai-nilai yang terkandung dalam Pancasila. Sumber segala sumber hukum rujukan sumber hukum yang dibuat. Misal, jika negara ingin membuat kebijakan tentang pengakuan penganut kepercayaan, kebijakan ini harus disetujui terlebih dahulu sesuai dengan nilai-nilai Pancasila atau tidak.

Pancasila sebagai sumber norma

Mirip seperti Pancasila sebagai sumber segala sumber hukum, norma yang berlaku di Indonesia harus selaras dengan nilai moral Pancasila atau bahkan mencerminkan nilai-nilai Pancasila. Norma meruapakan aturan tak tertulis atau informal yang ditentukan kehidupan bermasyarakat. Meski tak tertulis, kekuatan norma sangat besar yang melekat pada kepercayaan masyarakat. Keselarasan dengan Pancasila menjadi keunggulan norma di Indonesia. Untuk selaras, Pancasila dapat digunakan sebagai sumber norma yang harus diterapkan. Pancasila sebagai perjanjian luhur

Terbukti, Pancasila merupakan buah persetujuan hasil rumusan para intelektual pendiri bangsa. Pancasila juga merupakan produk musyawarah mufakat yang wajib diberikannya. Para Pembuat Bangsa Mendukung Pancasila sebagai dasar negara. Kesepakatan ini berusahanya tidak dicedrai oleh generasi penerusnya.

Pancasila sebagai falsafah hidup bangsa Indonesia

Pancasila sejak kemunculannya sebagai ide yang kelak menjadi ideologi bangsa yang dianggap cerminan falsafah hidup yang paling sesuai dengan kondisi masyarakat Indonesia. Pancasila juga mencerminkan filosofi yang dianut oleh manusia Indonesia dalam menilai silanya. Tidak heran jika Pancasila selalu dilihat sebagai ideologi yang paling sesuai dengan jiwa bangsa Indonesia.

Sebagai fungsi Pancasila yang spesifik, yaitu fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Beberapa bahan ajar untuk materi pendidikan Pancasila menyebutkan dasar pemikiran lima fungsi Pancasila sebagai dasar negara. Kelima fungsi tersebut antara lain Pancasila sebagai pedoman hidup bangsa, jiwa bangsa, kepribadian bangsa, sumber hukum negara, dan cita-cita bangsa.