Menentukan komponen suhu dan massa jenis zat cair saat suhu 4°C pada anomali air

Posted on

Menentukan komponen suhu dan massa jenis zat cair saat suhu 4°C pada anomali air

Jawaban Terkonfirmasi

Komponen suhu dan massa jenis zat cair saat suhu 4°C pada anomali air adalah terjadi kondisi air yang berbeda pada suhu 0°C-4°C, 4°C dan 4°C-100°C. Lalu massa jenis akan bertambah seiring suhu lebih rendah

Pembahasan

Anomali air adalah pengecualian (anomali) yang dialami air ketika saat didinginkan atau dipanaskan. Ketika dipanaskan dari 0°C sampai 4°C, air mengalami pengecilan volume sehingga massa jenisnya meningkat. Ketika suhunya antara 4°C sampai 100°C, air menampilkan perilaku yang sama dengan zat cair lainnya, yaitu memuai atau terjadi penurunan massa jenis. Selain air, parafin dan bismuth juga menampilkan keadaan yang sama dengan yang ditunjukkan air.

Manfaat anomali air misalnya saat musim dingin, suhu udara berkurang. Karena permukaan air bersentuhan dengan udara maka suhu air yang berada di permukaan sungai atau permukaan danau juga berkurang. Karena suhu air menurun, volume air juga berkurang, maka massa jenis air bertambah. Air yang berada di permukaan memiliki massa jenis lebih besar dibandingkan air di bawah. Karena mempunyai massa jenis lebih besar, maka air yang berada di permukaan akan bergerak ke bawah atau dengan kata lain tenggelam.

Pelajari lebih lanjut

1. Materi tentang  anomali air brainly.co.id/tugas/15186241

 

—————————–

Detil jawaban  

Kelas: 12

Mapel: fisika

Bab:  Bab 4 – Fluida Dinamis

Kode: 11.6.6

Kata Kunci: anomali air