2. Jelaskan secara singkat salah satu dalil aqli tentang proses terjadinya kiamat!​

Posted on

2. Jelaskan secara singkat salah satu dalil aqli tentang proses terjadinya kiamat!​

Jawaban:

semoga membantu

maaf kalau salah

Penjelasan:

1. Allah mengkhususkan penyampain kalam-Nya hanya kepada orang yang berakal, karena hanya mereka yang dapat memahami agama dan syariat-Nya. Allah swt berfirman:"…dan merupakan peringatan bagi orang-orang yang mempunyai akal".

2. Syarat utama yang harus ada dalam diri manusia untuk dapat menerima taklif (beban kewajiban) dari Allah swt yang berkenaan dengan hukum-hukum syari’at Islam adalah akal. Oleh karena itu ketika ia kehilangan akalnya dikarenakan gila misalnya, maka ia tidak tidak menerima taklif itu. Rasulullah saw bersabda: "Pena (catatan pahala dan dosa) diangkat (dibebaskan) dari tiga golongan; orang yang tidur sampai bangun, anak kecil sampai bermimpi, orang gila sampai ia kembali sadar (berakal)".

3. Allah swt mencela orang yang tidak menggunakan akalnya. Misalnya celaan Allah terhadap ahli Neraka yang tidak menggunakan akalnya. Allah swt berfirman:"Dan mereka berkata: "Sekiranya kami mendengarkan atau memikirkan (peringatan itu) niscaya tidaklah kami termasuk penghuni-penghuni Neraka yang menyala-nyala".

Jawaban:

1.dalil naqli

– Kullu nafsunya za'iqatul Mauti wa inqama tuwaffauna ujurakum yaumal qiyamati faman zuhziha anin nari wa udkhilal jannata faqad faza wamal hayaatud dunyaa ilaa mataa'ul guruuri Imran

artinya :

setiap yg bernyawa akan merasakan mati. dan pada hanya hari kiamat sajalah diberikan dgn sempurna balasanmu barang siapa dijauhkan dari neraka dn dimasukkan ke dlm surga,sungguh , dia memperoleh kemenangan. kehidupan dunia hanyalah kesenangan yg memperdaya ( Q.S Ali Imran /3:185)

Penjelasan:

semga membantu

maaf kalo salah