Pengertian pembelaan terhadap negara

Posted on

Pengertian pembelaan terhadap negara

Jawaban Terkonfirmasi

Pembelaan terhadap negara, pada dasarnya, adalah segala upaya yang dilakukan seluruh lapisan masyarakat Indonesia dalam upaya menjaga keberlangsungan Negara Republik Indonesia.

Pembahasan

Bela negara bersifat politis. Sebab berkaitan erat dengan cara mengorganisasikan kelompok. Dalam hal ini, kelompok yang dimaksud adalah orang-orang yang 'diikat' melalui kesamaan identitas.

Bela negara pun bersifat ideologis. Upaya mempertahankan keberlangsungan negara kerap dikaitkan dengan tujuan maupun cita-cita dari negara tersebut. Seperti contohnya Indonesia, keberadaan sila ketiga dari Pancasila merupakan dasar berpikir dari aktivitas bela negara.

Terakhir, –pada praktiknya, namun kerap tak disebutkan dalam kajian-kajian mengenai bela negara— bela negara bersifat ekonomis. Mempertahankan keutuhan dan kedaulatan negara tak selalu menjadi perkara romantis seperti yang sering disalurkan melalui reproduksi wacana nasionalisme atau jargon semacam "JASMERAH". Bela negara, melalui tilikan sejarah, kerap dijadikan pembenaran agar negara tersebut bisa mempertahankan bahan-bahan mentah atau sumber bagi dapur mereka.

Pelajari lebih lanjut

Contoh kasus bela negara brainly.co.id/tugas/11710229