Carilah definisi-definisi pranata lembaga sosial menurur beberapa ahli???

Posted on

Carilah definisi-definisi pranata lembaga sosial menurur beberapa ahli???

Jawaban Terkonfirmasi

a. R.M. Mac Iver dan CH. Page :“Pranata sosial merupakan bentuk-bentuk atau kondisikondisiprosedur yang mapan, yang menjadi karakteristik bagi aktivitas kelompok. Kelompok yang melaksanakan patokan-patokan tersebut disebut asosiasi.”

b. 
Alvin L. Bertand :
“Pranata sosial pada hakikatnya adalah kumpulan-kumpulan darinorma-norma sosial (struktur-stuktur sosial) yang telah diciptakan untuk dapat melaksanakan fungsi masyarakat. Pranata-pranata tersebut meliputi norma dan bukan norma yang berdiri sendiri.”

c.
Summer :
“Melihatnya dari sudut kebudayaan mengartikan pranata sosial sebagai perbuatan, cita-cita, sikap, dan perlengkapan kebudayaan, yang mempunyai sifat kekal serta yang bertujuan untuk memenuhi kebutuhan-kebutuhan masyarakat. Gunanya untuk menciptakan keteraturan dan integrasi dalam masyarakat.”

d. 
Roucek dan Warren :
“Pranata sosial adalah pola-pola yang telah mempunyai kedudukan tetap atau pasti untuk mempertemukan bermacam-macam kebutuhanmanusia yang muncul dari kebiasaan-kebiasaan dengan mendapatkan persetujuan dari cara-cara yang sudah tidak dipungkiri lagi, untuk memenuhi konsep kesejahteraan masyarakat dan menghasilkan suatu struktur.”

e.Mayor Polak:“Pranata sosial adalah suatu kompleks atau sistem peraturan-peraturan dan adat istiadat yang mempertahankan nilai- nilai penting.

f. 
Selo Sormadjan dan Soelaeman Soemardi :
“Semua norma-norma dari segala tingkat dan berkisar pada suatu keperluan pokok dalam kehidupan masyarakat merupakan suatu kelompok yang diberi nama lembaga kemasyarakatan.”

g.
Soerjono Soekanto :
“Lembaga kemasyarakatan adalah himpunan dari norma-norma dari segala tindakan yang berkisar pada suatu kebutuhan pokok di dalam kehidupan masyarakat.

1. koentjaraningrat

Lembaga sosial /pranata sosial adl suatu sistem tata kelakuan dan hubungan yg berpusat pd aktivitas2 khusus dlm kehidupan masyarakat.

2.Bruce J.Cohen

Pranata sosial adl sistem pola2 sosial yg tersusun rapi n relatif bersifat permanen serta mengandung perilaku2 tertentu yg kokoh n terpadu demi pemuasan dan pemenuhan kebutuhan2 pokok masyarakat

3.Paul B. Horton n Chester L.Hunt

pranata sosial adl suatu sistem norma u/ mencapai tujuan atau kegiatan yg oleh masyarakat dianggap penting.