Buatlah resume atau rangkuman dari materi sumber daya alam dan dinamika kependudukan Indonesia​

Posted on

Buatlah resume atau rangkuman dari materi sumber daya alam dan dinamika kependudukan Indonesia​

Penjelasan:

Sumber daya alam adalah segala sesuatu yang sumbernya berasal dari alam dan dapat dimanfaatkan untuk mencukupi kebutuhan dan keberlangungan hidup manusia.

1. SDA berdasarkan sumbernya

Sumber daya alam berdasarkan sumbernya dibedakan menjadi dua jenis, yaitu komponen biotik dan komponen abiotik sebagai berikut:

a. Sumberdaya Alam Hayati / Biotik

SDA hayati adalah sumber daya alam yang berasal dari komponen biotik, meliputi seluruh makhluk hidup yang ada di bumi. Contoh SDA hayati / biotik adalah tumbuhan, hewan, dan mikro organisme.

Sumberdaya alam yang berasal dari hewan dapat berupa daging, ikan, telur, dan lainnya. Sedangkan sumberdaya alam nabati (tumbuhan) menjadi produsen utama rantai makanan dan dapat berupa oksigen, rumput, daun, sayuran, buah, kayu, getah, biji, rempah-rempah dan lainnya.

b. Sumberdaya Alam Non Hayati / Abiotik

SDA non hayati merupakan sumber daya alam yang bersumber dari komponen abiotik atau benda mati meliputi seluruh unsur yang tidak bernyawa. Contohnya adalah udara, air tanah, sinar matahari, batuan, mineral, bahan pertambangan dan lain-lain.

Dinamika kependudukan adalah perubahan status kependudukan yang dipengaruhi oleh banyak faktor, dinamika atau perubahan tersebut sering kali merupakan perkembangan penduduk suatu negara atau wilayah. Besar kecilnya penduduk dapat diketahui melalui sensus, registrasi dan sensus.

pertumbuhan penduduk merupakan faktor penting dalam masalah sosial ekonomi dan demografi. Jumlah penduduk akan mempengaruhi kondisi sosial ekonomi suatu daerah. Jumlah penduduk dapat berubah dari waktu waktu, yaitu bertambah atau berkurang.

Dinamika kependudukan atau perubahan faktor penduduk dipengaruhi oleh tiga (tiga), yaitu:

1. Kelahiran (fertilitas), Sulit untuk mengukur angka kelahiran karena banyak bayi yang meninggal karena kelahiran ganda tidak dicatat sebagai kelahiran atau kematian, tetapi biasanya dicatat sebagai bayi lahir mati. Tingkat kelahiran pada suatu kelompok penduduk pada awal usia, penggunaan kontrasepsi, tingkat pendidikan, status pekerjaan perempuan dan perkembangan ekonomi.

2. Kematian (mortalitas), Ada beberapa jenis mortalitas yaitu mortalitas kasar dan mortalitas

spesifik usia. Angka kematian kasar mengacu pada jumlah kematian per populasi dalam satu tahun pada tahun tersebut. Kematian spesifik (kematian spesifik usia) dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk usia, jenis kelamin, dan pekerjaan.

3. Migrasi penduduk ,adalah hasil dari lingkungan alam yang tidak menguntungkan. Karena kondisi alam yang tidak mendukung, sumber daya untuk mendukung penduduk di daerah ini terbatas. Faktor-faktor yang perlu dipertimbangkan para pendatang ketika memutuskan pindah ke daerah lain adalah faktor ketersediaan sumber daya alam, faktor lingkungan sosial budaya dan faktor potensi ekonomi. Dengan memahami faktor-faktor tersebut terlebih dahulu, setidaknya efek negatif dapat dihindari.

Jadikan jawaban tercerdas ya..mksh bnyk^^

 {pink{fcolorbox{blue}{black}{boxed{bold{red{by }}}boxed{mathfrak{}blue{BILLFOLD201}}}}}

 {pink{fcolorbox{blue}{black}{boxed{bold{red{ }}}boxed{mathfrak{}blue{ : CMIIW}}}}}

Gambar Jawaban