Pendapat Darwin adanya hubungan kekerabatan antara manusia dan primata/kera sebutkan hubungan kekerabatan tersebut!

Posted on

Pendapat Darwin adanya hubungan kekerabatan antara manusia dan primata/kera sebutkan hubungan kekerabatan tersebut!

Jawaban:

Penjelasan ini bisa sangat panjang. Yang jelas, banyak orang salah paham dan berprasangka buruk tentang Teori Evolusi Darwin, khususnya yg membahas tentang hubungan kera dan manusia. Sekali lagi, Darwin tidak pernah mengatakan bahwa nenek moyang manusia adalah kera, ini hanyalah pendapat orang awam dan orang2 beragama yg terlanjur sentimen negatif terhadap Darwin.

Darwin hanya mengatakan bahwa manusia, dan kera memiliki kesamaan DNA yang bisa jadi berasal dari common ancestor (nenek moyang yg sama). Bukan berarti manusia berasal dari kera, tetapi disini bahwa baik manusia dan kera bisa jadi memiliki nenek moyang yg sama. Mungkin yg dimaksud Darwin disini adalah manusia purba?? bisa jadi. Tapi Darwin sendiri tidak atau belum menyimpulkannya sejauh itu.

Penjelasan:

Jika dilihat dari pendekatan agama (Islam), maka ada timeline yg terputus antara manusia purba dan manusia modern saat ini (semenjak generasi Nabi Adam hingga sekarang). Bisa jadi manusia purba merupakan prototype (produk ujicoba) Tuhan, yg kemudian melahirkan manusia modern secara terpisah secara periode tapi masih memiliki hubungan kekerabatan DNA baik dengan manusia kera maupun manusia purba.

Nah, di dalam sains modern (biologi, sosiologi, sejarah) yg membahas kera dan manusia purba, mereka tdk mengenal adanya timeline yg terputus (maksudnya mrk tdk menemukan adanya manusia modern pertama yakni Nabi Adam karena itu hanyalah narasi agama semata yg berlandaskan faith).

Jika dipikirkan, pandangan2 Darwin diatas berdasarkan referensi2 ilmiah dan data2 serta penelitian yg ada, tidak asal ngawur. Jadi wajar saja jika ia mengatakan bahwa bisa jadi manusia dan kera memiliki nenek moyang yg sama karena kedekatan DNA tadi