Sebutkan ragam hias yang memiliki makna yang berbeda dan memiliki arti simbolik!

Posted on

Sebutkan ragam hias yang memiliki makna yang berbeda dan memiliki arti simbolik!

Jawaban Terkonfirmasi

Ragam hias yang memiliki makna yang berbeda dan memiliki arti simbolik yaitu ragam hias tumbuh-tumbuhan, ragam hias hewan, ragam hias geometris dan ragam hias manusia.

Penjelasan:

Berdasarkan bentuknya ragam hias dibedakan menjadi beberapa jenis yaitu sebagai berikut :

1. Ragam hias tumbuh-tumbuhan, yaitu ragam hias yang didasarkan pada motif gambar berbagai jenis tumbuhan, seperti bunga, dedaunan. Ragam jenis ini dapat ditemukan pada batik, kain sulam, kain tenun dan ukiran.

2. Ragam hias hewan, yaitu ragam hias yang didasarkan pada motif gambar berbagai jenis binatang dan ditambahkan dengan motif hias lainnya yang menggambarkan tentang suatu kearifan lokal daerah tertentu, misalnya burung cendrawasih di Papua, komodo di Nusa Tenggara Timur dan gajah di Lampung. Ragam hias ini dapat ditemukan pada batik, ukiran, sulaman, anyaman dan bordir.

3. Ragam hias geometris, yaitu ragam hias yang mengandung unsur garis, sudut, bidang dan ruang. Beberapa contoh ragam hias geometris adalah sebagai berikut :

  • Ceplokan, yaitu ragam hias yang terdiri dari satu motif saja, lalu disusun secara berulang-ulang, seperti ceplok cakra kusuma, ceplok truntum dan ceplok supit urang.

4. Ragam hias manusia, yaitu ragam hias yang membentuk gambar tubuh manusia dengan gaya tertentu. Ragam hias ini dapat ditemukan pada bahan tekstil dan bahan kayu.

Pelajari lebih lanjut

  1. Materi tentang pengertian ragam hias : brainly.co.id/tugas/1384564

Detil Jawaban

Kelas : VII (SMP)

Mapel : Seni Budaya

Bab : Menggambar ragam hias

Kode : 7.19.2

Kata Kunci : Ragam Hias