1.komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di kepulauan indonesia ? bandingkan dengan perdangan saat ini, komoditas apakah yang diminati dalam perdangan internasional ? 2.Carilah pelabuhan yang terdekat dengan kota yang ada di sekitar dareah tempat tinggalmu.bagaimanakah munurut pendapatmu tentang pelabuhan itu? 3.Diatas kita telah membahasa tentang peran laut pada masa hindu buddha.apa pendapatmu tentang peran laut pada saat ini bagi negara indonesia?

Posted on

1.komoditas apa yang menarik bagi kaum pedagang untuk mendatangi pelabuhan yang ada di kepulauan indonesia ? bandingkan dengan perdangan saat ini, komoditas apakah yang diminati dalam perdangan internasional ?
2.Carilah pelabuhan yang terdekat dengan kota yang ada di sekitar dareah tempat tinggalmu.bagaimanakah munurut pendapatmu tentang pelabuhan itu?
3.Diatas kita telah membahasa tentang peran laut pada masa hindu buddha.apa pendapatmu tentang peran laut pada saat ini bagi negara indonesia?

1. klo dulu yg diperdagangkan itu rempah" cth: lada, pala, dll. skrg yg dijual beli brg" elektronik, bahan baku spt: minyak bumi, batu bara, besi, dll.
2. tanjung priuk. kondisinya kurang terawat, tetapi keberadaannya sangat penting bg jakarta. fungsinya u/. pengangkutan barang dan orang. barang" bentuk container banyak di drop di sana, asal barang beragam ada yg dr luar pulau sanpai luar negeri. 
3. peran laut saat ini bagi indonesia untuk kebutuhan perikanan, pariwisata, distribusi barang dan jasa.
Semoga membantu sedikit 🙂