bahan sisa buangan dari proses produksi atau kegiatan rumah tangga yang beradaanya tidak memberikan nilai ekonimis terhadaplingkungan disebut

Posted on

bahan sisa buangan dari proses produksi atau kegiatan rumah tangga yang beradaanya tidak memberikan nilai ekonimis terhadaplingkungan disebut

Jawaban Terkonfirmasi

Bahan sisa buangan dari proses produksi atau kegiatan rumah tangga yang keberadaannya tidak memberikan nilai ekonomis terhadap lingkungan disebut limbah.

Pembahasan :

Setiap makhluk hidup pasti menghasilkan bahan sisa buangan. Bahan sisa buanganyang tidak memberikan nilai ekonomis terhadap lingkungan ini disebut limbah. Limbah dibagi menjadi dua jenis, yaitu :

  • Limbah organik, yaitu limbah yang secara alami dapat diuraikan oleh bakteri pengurai , seperti feses, sisa makhluk hidup yang telah mati, sisa makanan, sampah kebun, dan sebagainya.
  • Limbah anorganik, yaitu limbah yang sangat lama bahkan tidak dapat diuraikan. Diperlukan usaha tersendiri oleh manusia untuk dapat mengurangi penggunaan limbah anorganik ini. Contoh limbah anorganik adalah plastik, kaca, besi, karet, dan sebagainya.

Limbah anorganik biasanya lebih dapat mengganggu lingkungan karena tidak dapat diuraikan oleh bakteri pengurai. Jika suatu limbah tersebut benar-benar dapat mengganggu keseimbangan lingkungan maka dapat disebut dengan polutan. Polutan ini dapat dikurangi dengan cara melakukan praktik 3R (Reduce, Reuse, dan Recycle).

Detail Soal :

Kelas : 7

Mata Pelajaran : Biologi

Materi : Bab 9 – Pencemaran Lingkungan

Kata Kunci : Limbah; Sisa proses produksi atau kegiatan rumah tangga; Polutan

Kode Kategorisasi : 7.4.9

Pelajari Lebih Lanjut :

#OptiTeamCompetition

#TingkatkanPrestasimu