Jelaskan pengertian kedaulatan

Posted on

jelaskan sifat sifat kedaulatan
jelaskan bentuk kedaulatan
jelaskan macam macam teori kedaulatan
bantuu dong dikumpulin hri ini:))​

Jelaskan pengertian kedaulatan

Penjelasan:

Pengertian kedaulatan : Kedaulatan ialah suatu kekuasaan tertinggi dalam suatu Negara yang berlaku terhadap seluruh wilayah dan segenap rakyat dalam Negara tersebut. Kedaulatan juga adalah sebuah kekuasaan penuh untuk mengatur semua wilayah Negara tanpa campur tangan dari suatu Negara lain.

Macam Macam kedaulatan :

1. Kedaulatan Tuhan

Kedaulatan Tuhan ialah suatu kedaulatan yang berasal dari Tuhan yang diberikan kepada suatu raja atau penguasa.

2. Kedaulatan Raja

Kedaulatan raja ialah suatu kedaulatan suatu negara yang terletak di tangan raja, karena seorang raja ialah penjelmaan kemauan Tuhan dan juga bayangan dari Tuhan.

3. Kedaulatan Negara

Kedaulatan negara ialah suatu kekuasaan pemerintahan bersumber dari suatu kedaulatan negara.

4. Kedaulatan Hukum

Kedaulatan Hukum ialah suatu kekuasaan tertinggi..

5 . Kedaulatan Rakyat

Kedaulatan Rakyat ialah suatu kekuasaan tertinggi yang berada di tangan rakyat.

Sifat Kedaulatan :

1. Sifat Kedaulatan Permanent (tetap)

Sifat kedaulatan yang satu ini memiliki sifat permanent yang berarti bahwa walaupun suatu negara mengadakan suatu reorganisasi di dalam strukturnya, kedaulatan tersebut tidak akan berubah. Pelaksanaannya mungkin saja berganti atau badan yang memegang suatu kedaulatan itu berganti, tetapi kedaulatan itu tetap.

2. Sifat Kedaulatan Absolut

Sifat kedaulatan absolut yang berarti bahwa dalam sebuah negara tidak ada kekuasaan lain yang lebih tinggi dari pada kedaulatan. Kedaulatan yang menentukan segala-galanya dalam sebuah negara.

3. Sifat kedaulatan Tidak Terbagi-bagi

Sifat kedaulatan tidak terbagi-bagi yang maksudnya bahwa suatu kedaulatan itu tidak boleh dibagi-bagi kepada beberapa badan tertentu. Karena dalam hal ini akan menimbulkan pluralisme yaitu keadaan masyarakat yang majemuk di dalam suatu kedaulatan.

4. Sifat Kedaulatan Tidak Terbatas

sifat kedaulatan tidak terbatas yaitu yang berarti meliputi setiap orang dan suatu golongan yang berada dalam sebuah negara tanpa ada kecualinya.

Jawaban:

1. Jelaskan pengertian kedaulatan

Jawaban: Kedaulatan adalah suatu hak eksklusif untuk menguasai suatu wilayah pemerintahan, masyarakat, atau atas diri sendiri. Terdapat penganut dalam dua teori yaitu berdasarkan pemberian dari Tuhan atau Masyarakat.

2. Jelaskan sifat sifat kedaulatan

Jawaban:

– Sifat Pertama Kedaulatan Rakyat: Asli

Yaitu tidak ada campurannya dan tidak diragukan asal usulnya. Jika kita berbicara dalam konteks kedaulatan rakyat makna kata asli ialah kedaulatan rakyat itu sendiri tidak dilahirkan atau tidak berasal dari kekuasaan atau kedaulatan lain.

– Sifat Kedua Kedaulatan Rakyat: Permanen

Arti yaitu tetap, untuk selamanya, atau berlangsung lama tanpa ada perubahan yang berarti. Di dalam ruang lingkup kedaulatan rakyat, sifat permanen yang memiliki arti yaitu kedaulatan rakyat atau kekuasaan tertinggi milik rakyat itu tetap akan selalu ada selama negara tersebut berdiri.

– Sifat Ketiga Kedaulatan Rakyat: Tidak Terbatas

Sifat ketiga dari kedaulatan rakyat tidak terbatas. Maksud dari sifat ini adalah kedaulatan rakyat ini tidak dapat mempengaruhi kekuasaan yang lain.

Sifat Keempat Kedaulatan Rakyat Tunggal atau Bulat

Sifat terakhir dari kedaulatan rakyat yaitu tunggal atau bulat. Makna dari sifat ini bagi kedaulatan rakyat yaitu kekuasaan tertinggi di tangan rakyat ini merupakan satu-satunya kekuasaan yang tertinggi di dalam negara.

3. Jelaskan bentuk kedaulatan

Jawaban:

– Kedaulatan Ke Dalam

Kedaulatan Ke Dalam yaitu Negara atau pemerintah yang mengatur segala urusan rakyat atau negaranya melalui berbagai negara yang dibentuk oleh negara tersebut.

– Kedaulatan Ke Luar

Kedaulatan Ke luar adalah pemerintah yang mempunyai kekuasaan yang bebas, tidak terikat dan tidak tunduk pada kekuatan lain dari ketentuan yang sudah ditetapkan.

4. Jelaskan macam macam teori kedaulatan

Jawaban:

– Teori Kedaulatan Tuhan (Teokrasi).

– Teori Kedaulatan Tuhan (Teokrasi).

– Teori Kedaulatan Rakyat (Demokrasi).

Penjelasan:

*Semoga bermanfaat yaaa!.

*Jadikan Saya yang TERBAIK 🙂

*Jangan lupa Follow saya Ya