Berikut ini yang termasuk sifat unsur logam adalah?

Posted on

A.Konduktor panas dan listrik
B.Isolator
C.Rapuh dan mengkilap

Berikut ini yang termasuk sifat unsur logam adalah?

Jawaban Terkonfirmasi

Berikut ini adalah beberapa pernyataan:

  • konduktor panas dan listrik yang baik
  • isolator
  • rapuh dan mengkilap

Yang merupakan sifat unsur logam adalah konduktor panas dan listrik yang baik. Suatu benda bersifat sebagai konduktor/isolator panas didasari oleh Teori lautan elektron. Teori lautan elektron adalah teori yang menjadi dasar ikatan logam. Pada ikatan logam elektron-elektron dapat bergerak bebas menyelimuti ion positif. Ini lah yang menyebabkan kebanyakan unsur logam merupakan penghantar panas dan listrik yang baik serta memiliki kelenturan yang baik (dapat ditempa). Ikatan logam merupakan kekuatan utama yang menyatukan atom-atom logam (Jawaban A).

Pembahasan

Ikatan logam merupakan ikata yang terbentuk oleh atom-atom logam yang menggunakan secara bersama-sama elektron valensinya. Logam besi, seng dan perak memiliki ikatan logam. Ikatan logam dijelaskan dengan menggunakan teori lautan elektroon. Teori ini menyatakan bahwa elektron valensi dari atom-atom logam dapat bergerak bebas dalam strukturnya sehingga membentuk awan elektron yang menyelimuti ion positif logam.

Sifat-sifat logam tidak bisa dikategorikan sebagai ikatan kovalen maupun ikatan ion. Senyawa ionik tidak bisa mengantarkan listrik pada fase padatan, dan senyawa ionik sifatnya rapuh (berlawanan dengan sifat logam). dan; Atom dari senyawa logam hanya mengandung satu sampai tiga elektron valensi. Dengan demikian atom tersebut tidak dapat membentuk ikatan kovalen. Senyawa kovalen adalah penghantar listrik yang buruk dan umumnya berupa cairan (dengan sifat berkebalikan dengan pembentukan logam). Dengan demikian, logam membentuk model ikatan yang berbeda.

Ciri-ciri ikatan logam :

  • Atom-atom logam memiliki susunan yang sangat rapat.
  • Atom logam memiliki sedikit elektron valensi, sehingga sangat mudah untuk dilepaskan dan membentuk ion positif.
  • Kulit terluar atom logam relatif longgar (terdapat banyak tempat kosong) sehingga elektron bisa berpindah dari 1 atom ke atom lain.
  • Elektron bebas bergerak, sehingga elektron valensi logam mengalami suatu delokalisasi yaitu suatu keadaan dimana elektron valensi tersebut tidak tetap posisinya pada 1 atom, tetapi senantiasa berpindah-pindah dari 1 atom ke atom lain.
  • Elektron-elektron valensi tersebut berbaur membentuk awan elektron yang menyelimuti ion-ion positif logam.

Pelajari lebih lanjut

Detail tambahan

Kelas : X SMA

Mapel : Kimia

Materi : Ikatan kimia

Kode : 10.7.4

Kata Kunci : Logam, ikatan logam, kovalen, ion,