Sebutkan unsur-unsur mineral disertai fungsi dan sumber terdapatnya

Posted on

Sebutkan unsur-unsur mineral disertai fungsi dan sumber terdapatnya

1. Kalsium (Ca)
Sumber : Susu dan hasil olahannya, telur ,ikan ,udang,kerang,kepiting,kacang kacangan,dan buah-buahan.
Fungsi : Pembentukan tulang dan gigi ,memungkinkan berfungsinya vitamin C dalam tubuh, pembekuan darah, phsyologi otot. Kalsium atau disebut juga zat kapur adalah zat mineral yang mempunyai fungsi dalam membentuk tulang dan gigi serta memiliki peran dalam vitalitas otot pada tubuh

2.Magnesium (Mg)

Sumber:kacang kacangan,sayuran hijau,susu,coklat,teri dll
Fungsi atau kegunaan dari magnesium adalah sebagai zat yang membentuk sel darah merah berupa zat pengikat oksigen dan hemoglobin menguatkan tulang dan sendi, memungkinkan berfungsinya vitamin B kompleks dalam tubuh yang normal.

3. Sulfur atau Belerang (S)

Sumber:semua sumber protein seperti daging,telur,ikan,baik protein nabati maupun protein hewani
Zat ini memiliki andil dalam membentuk protenin di dalam tubuh

4. Fosfor (P)
Sumber : Daging, ikan dan telur,semua jaringan hewan,serealis,kacang kacangan.
Fungsi : Pembentukan tulang dan gigi serta mengatur keseimbangan asam dan basa dalam tubuh. untuk mencegah kelelahan fisik dan mental, berfungsi dalam metabolisme lemak, karbohidrat dan protein.

5. Besi (Fe)
Sumber : Susu, hati, kuning telur dan sayur-sayuran yang berwarna hijau.
Fungsi : Pembentukan hemoglobin dalam darah. mempertahankan pigmentasi rambut, meningkatkan kekuatan fisik dan mental, unsur terpenting dalam hemoglobin eritrosit, bertanggung jawab terhadap lebih dari 20 makanan reaksi enzym.

6. Natrium (Na)
Sumber : Ikan, pisang, kentang dan sayuran hijau,garam dapur,makanan yang diproses dengan garam dapur,makanan hasil laut,susu,makanan hewani.
Fungsi : Mengatur kelancaran kerja otot, terutama otot jantung dan mengatur keseimbangan cairan dalam tubuh. untuk mengatur metabolisme garam-garam dan pengatur keseimbangan air Natrium adalah zat mineral yang kita andalkan sebagai pembentuk faram di dalam tubuh dan sebagai penghantar impuls dalam serabut syaraf dan tekana osmosis pada sel yang menjaga keseimbangan cairan sel dengan cairan yang ada di sekitarnya.

7. Klorin (Cl) 
Sumber : Garam dapur, keju dan sayuran hijau,makanan hasil laut,telur,susu,daging.
Fungsi : Membentuk asam lambung(HCL) atau asam klorida pada lambung dan memelihara keseimbagan cairan dalam tubuh .HCL memiliki kegunaan membunuh kuman bibit penyakit dalam lambung dan juga mengaktifkan pepsinogen menjadi pepsin.

8. Kalium (K)
Sumber : Kacang-kacangan,buah,susu,daging,serealis,sayuran, Hati, ikan dan kerang.
Fungsi : Mempengaruhi kerja otot jantung, mengatur tekanan osmosis dalam sel dan membantu mengantarkan impuls saraf.Kalium kita butuhkan sebagai pembentuk aktivitas otot jantung