Tuliskanlah proses apa saja yang terjadi pada gambar di atas. Jelaskan

Posted on

dan ceritakan dengan menggunakan bahasamu sendiri.
tolong kaka​

Tuliskanlah proses apa saja yang terjadi pada gambar di atas. Jelaskan

Tuliskanlah proses apa saja yang terjadi pada gambar di atas. Jelaskan

•Siklus air bermula ketika panas matahari menguapkan air yg ada di laut di permukaan bumi(EVAPORASI).

• Uap air tersebut akan berkumpul di angkasa dan terjadi proses KONDENSASI(pengembunan) hingga membentuk awan

• Proses PRESTISIPASI adalah proses mencairnya awan akibat pengaruh suhu udara yang tinggi. Pada proses inilah hujan terjadi. Butiran-butiran air jatuh dan membasahi permukaan bumi Awan tersebut kemudian akan berjalan sesuai dengan arah embusan angin.

Penguapan yang terjadi setiap hari mengakibatkan uap yang menjadi awan semakin banyak. Jika awan sudah tidak dapat menampung uap dari evaporasi,maka uap air di awan akan turun sebagai hujan. Air hujan akn mengisi cadangan air yg berada dipermukaan bumi. Prosess ini berlangsung terus menerus

● Materi : Siklus air

● Kode Kategorisasi : 6.2.4

● Bab : 7

● kelas : 6

#JadiSiswaPintar

Gambar Jawaban

Jawaban:

Proses terjadinya hujan

1. Penguapan (evaporasi)

Proses terjadinya hujan yang pertama adalah evaporasi. Energi panas yang dimiliki oleh matahari membuat air yang berada di laut, sungai,danau, dan sumber air dipermukaan bumi lainnya mengalami proses evaporasi atau yang biasa dikenal dengan penguapan.

2.Kondensasi (pengembunan)

Uap-uap air yang naik pada ketinggian tertentu akan mengalami proses kondensasi atau pengembunan. Proses kondensasi terjadi dimana uap air tersebut berubah menjadi partikel-partikel es berukuran sangat kecil.

Perubahan wujud uap air menjadi es tersebut terjadi karena pengaruh suhu udara yang sangat rendah di titik ketinggian tersebut.

3.Presipitasi

Presipitasi merupakan proses terjadinya hujan yang terakhir. Proses prespitasi adalah proses mencairnya awan akibat pengaruh suhu udara yang tinggi. Pada proses inilah hujan terjadi. Butiran-butiran air jatuh dan membasahi permukaan bumi.

Awan-awan yang terbentuk kemudian tertiup oleh angin dan mengalami perpindahan dari satu tempat ketempat lainnya. Proses ini disebut adveksi.

Butir-butir es yang ada pada awan akan tertarik oleh gaya gravitasi bumi hingga akhirnya jatuh ke permukaan bumi. Ketika jatuh butiran-butiran es ini akan melalui lapisan udara yang lebih hangat di dalamnya sehingga merubah butiran es tersebut menjadi butiran air.

Hangatnya lapisan udara membuat butiran air tersebut sebagian menguap kembali keatas dan sebagian lainnya terus turun kepermukaan bumi. Butiran air yang turun ke bumi inilah disebut sebagai hujan.

Penjelasan:

maaf kalo kurng lngkp