Plis bantu y ,soalnya di setor besok​

Posted on

Plis bantu y ,soalnya di setor besok​

Plis bantu y ,soalnya di setor besok​

Jawaban:

1.Interaksi antar-negara Asean diartikan sebagai hubungan timbal balik (melibatkan aksi dan reaksi) yang terjalin di antara dua atau lebih negara di kawasan Asia Tenggara yang didukung oleh dua faktor yakni persamaan dan perbedaan sumber daya alam serta persamaan dan perbedaan kondisi geografis. 

2.Faktor-faktor pendorong kerjasama ASEAN/ internasional yaitu

–  adanya kesamaan isu yang dihadapi, contohnya isu pemanasan global & kerusakan lingkungan

– berada di lokasi geografis yang sama

– adanya kebutuhan dan kelebihan sumber daya (baik alam maupun manusia)

– adanya persamaan kepentingan

Faktor-faktor penghambatnya:

– adanya konflik kepentingan, misalnya perihal isu perbatasan di Laut China Selatan antara China dan Vietnam, Malaysia plus Filipina dan Brunei

– adanya perbedaan visi dan misi pemimpinnya, misal isu lingkungan dari presiden Trump yang dianggap tidak perlu sementara negara-negara lainnya menganggap sebaliknya.

– berada di posisi yang tidak setara/ berlawanan secara politik antara satu dan yang lain, misalnya antara AS dan Syria, tidak akan ada kerjasama selama konflik ISIS masih berlangsung

3. – tukar menukar pelajaran

– pemberantasan buta huruf

– temu karya pemuda ASEAN

4.Kondisi perokonomian yang tidak merata di Kawasan Asia tenggara, memicu mobilitas penduduk antar negara ke negara lain. Negara yang maju dengan pendapatan tinggi cenderung akan menjadi tujuan dari mobilitas ini. Sedangkan bagi negara-negara di Kawasan Asia tenggara, pemiliki modal, maka akan memolisasi dananya ke daerah yang punya potensi alam besar namun minim Sumber daya manusia.

5.Dampak Positif

-Terciptanya solidaritas antarnegara ASEAN. Hal ini akan meningkatkan kerja sama dalam berbagai bidang anatarnegara ASEAN.

-Terdapat upaya mendorong isu-isu kebijakan yang terkait dengan upaya pencapaian kesejahteraan sosial dan pembangunan antarnegara anggota ASEAN.

Dampak Negatif

-Penanaman modal dari negara-negara ASEAN di berbagai daerah jangan sampai bertentangan dengan kehidupan sosial masyarakat daerah-daerah tersebut. Justru kehidupan sosial dan ekonomi masyarakat daerah perlu diperbaiki dan ditingkatkan.

-Dapat muncul sikap negatif seperti konsumerisme dan hedonisme menghadapi masuknya berbagai produk menarik dari negara-negara ASEAN. Produk-produk yang dibeli bisa jadi belum tentu dibutuhkan namun tetap dibeli demi kepuasan pribadi atau agar dianggap positif oleh orang lain.

maaf klo salah

^v^

Jawaban:

no 3, 1. Bekerja sama dan Serta Membangun Persatuan asean