Jelaskan tentang sejarah hari pahlawan secara singkat

Posted on

Jelaskan tentang sejarah hari pahlawan secara singkat

Jawaban Terkonfirmasi

Peristiwa Hari pahlawan 10 November pada sejarahnya ditandai dengan adanya balas dendam sekutu karena terbunuhnya Jendral A.W.S Mallaby

Pembahasan

Karena kematiannya Jendral A.W.S Mallaby menyebabkan sekutu (bangsa Inggris) mengamuk. Akibatnya, Jenderal Eric Carden Robert Mansergh menggantikan posisi Mallaby. Dia pun mengeluarkan Ultimatum 10 November 1945 yang meminta pihak Indonesia menyerahkan senjata, menghentikan perlawanan terhadap tentara AFNEI dan administrasi NICA, serta ancaman akan menggempur kota Surabaya. Ancaman ini dilakukan kalau Indonesia tidak mematuhi perintah Inggris.

Mereka juga memerintahkan pimpinan bangsa Indonesia dan pemuda di Surabaya datang ke tempat yang telah ditentukan, selambat-lambatnya 10 November 1945 pukul 06.00 pagi. Namun bangsa Indonesia melanggar Ultimatum tersebut. Saat itu pun terjadi pertempuran yang cukup dahsyat sekutu mulai melancarkan serangan berskala besar, yang diawali dengan pengeboman udara ke gedung-gedung pemerintahan Surabaya, dan kemudian mengerahkan sekitar 30.000 infantery, sejumlah pesawat terbang, tank, dan kapal perang. Lalu, inggris membombardir  kota Surabaya dengan meriam dari laut dan darat.dan berlangsung selama kurang lebih tiga minggu.

Pertempuran di Surabaya pada tahun 1945 dijuluki 'neraka'. Hal itu disebabkan kerugian yang tidak sedikit. Pertempuran itu menyebabkan 20.000 rakyat Surabaya menjadi korban, di mana sebagian dari mereka adalah warga sipil.

Peristiwa 10 November ini menewaskan 6.000 pejuang Indonesia dan 200.000 rakyat sipil mengungsi dari  kota Surabaya. Karena banyaknya korban tersebut, akhirnya kota Surabaya dikenang sebagai Kota Pahlawan pada tanggal 10 November  

Dalam momen sejarah singkat Hari Pahlawan 10 November, berikut lima Pahlawan Nasional yang memiliki andil dalam pertempuran di Surabaya:

  • KH. Hasyim Asj'ari, mengeluarkan fatwa resolusi untuk berjihad melawan sekutu yang mampu menggerakkan warga dan kalangan santri.
  • Gubernur Surjo, saat itu menjabat sebagai gubernur wilayah jawa timur dan memberikan instruksi untuk melawan sekutu.
  • Bung Tomo, peranannya dalam membangkitkan semangat arek-arek Suroboyo untuk melawan penjajah Belanda melalui tentara NICA
  • Moestopo, Keputusannya tersebut membuatnya mampu melucuti senjata milik tentara Jepang dan merebut wilayah kekuasaan militer Jepang. Senjata yang diambil dari pihak Jepang tersebut digunakan sebagai modal perlawanan pejuang pertempuran Surabaya.
  • HR. Mohammad Mangoendiprodjo, berhasil memimpin pasukannya untuk mengambil alih aset pribadi orang- orang Belanda yang tersimpan di Bank Escompto senilai 100 juta gulden untuk perjuangan melawan Belanda dan Inggris.

Pelajari lebih lanjut :

  1. Materi tentang Perjuangan fisik dalam mempertahankan kemerdekaan Indonesia https:// brainly.co.id/tugas/18295519
  2. Materi tentang Pengaruh perang dunia ke II terhadap kemerdekaan Indonesia https:// brainly.co.id/tugas/531708
  3. Materi tentang Peran budi utomo dalam perjuangan kemerdekaan Indonesia https:// brainly.co.id/tugas/14178142

Detil jawaban

Kelas: IX

Mapel: IPS

Bab: BAB 3 – Perjuangan mempertahankan kemerdekaan Indonesia

Kode: 9.10.3

#JadiRankingSatu