Jangka sorong memiliki nonius,yaitu skala yang mempunyai panjang…

Posted on

Jangka sorong memiliki nonius,yaitu skala yang mempunyai panjang…

Jawaban Terkonfirmasi

adalah suatu alat ukur panjang yang dapat dipergunakan untuk mengukur panjang suatu benda dengan ketelitian hingga 0,1 mm.

Jangka sorong memiliki nonius yaitu skala yang mempunyai panjang sebesar 9 mm.

PEMBAHASAN LEBIH LANJUT :

Secara umum jangka sorong mempunyai dua skala yaitu skala utama terletak pada rahang tetap yang berupa skala dalam bentuk cm dan mm, dan skala nonius atau skala vernier terletak pada rahang geser yang terdapat 10 skala yang panjangnya 9.

Jangka sorong merupakan alat yang digunakan untuk mengukur panjang, kedalaman, tebal, kedalaman lubang, dan diameter baik diameter luar maupun diameter dalam suatu benda. Jangka sorong memiliki tingkat ketelitian 0,1 mm.

Pengukuran panjang sisi luar suatu benda dapat dilakukan dengan menjepit benda yang ingin diukur dengan menggunakan rahang jangka sorong yang besar. Sedangkan pengukuran sisi dalam suatu benda dapat dilakukan dengan menarik benda yang ingin diukur dengan menggunkan rahang jangka sorong yang kecil.

Keuntungan penggunaan jangka sorong adalah dapat dipergunakan untuk mengukur diameter sebuah kelereng, diameter dalam sebuah tabung atau cincin, maupun kedalam sebuah tabung.

Semoga penjelasan diatas dapat dipahami dan membantu kalian memahami materi tersebut.

Nah untuk contoh soal lainnya bisa dilihat pada link berikut ini :

brainly.co.id/tugas/374956

brainly.co.id/tugas/3042829

brainly.co.id/tugas/3039626

Mata pelajaran : IPA Fisika

Kelas : VII SMP

Kategori : Pengukuran

Kata kunci : alat ukur, jangka sorong

Kode kategori berdasarkan kurikulum KTSP : 7.6.2