Apa sana jenis-jenis gerhana matahari dan apa saja penyebab nya? Butuh besok

Posted on

Apa sana jenis-jenis gerhana matahari dan apa saja penyebab nya?
Butuh besok

Jawaban:

Gerhana Matahari Total

Gerhana matahari total terjadi saat bulan secara keseluruhan menutupi matahari. Piringan bulan jadi memiliki ukuran yang sama atau bahkan lebih besar dari piringan matahari. Ukuran dari piringan ini bisa saja berubah, tergantung jarak bumi dengan bulan serta jarak bulan dengan matahari. Saat puncak gerhana matahari total terjadi, wilayah bumi yang dapat melihat fenomena itu akan terlihat gelap.

2. Gerhana Matahari Parsial

Gerhana matahari yang kedua ialah gerhana matahari parsial. Gerhana ini terjadi saat bayangan bulan hanya bisa menutupi sebagian cahaya matahari. Artinya, piringan matahari tak bisa seluruhnya tertutup oleh piringan bulan. Hal ini membuat matahari jadi berbentuk setengah lingkaran atau sabit.

3. Gerhana Matahari Cincin

Gerhana matahari cincin terjadi saat piringan bulan hanya menutupi sebagian dari atau bagian tengahnya piringan matahari. Sedangkan tepi matahari masih tetap bercahaya sehingga terlihat seperti cincin.

Hal ini terjadi karena bulan berada di titik terjauh dengan bumi, sehingga bulan terlihat kecil dan tak bisa menutupi seluruh cahaya matahari.

4. Gerhana Matahari Hibrida

Jenis gerhana yang terakhir ialah gerhana matahari hibrida. Ini adalah gabungan dari gerhana matahari total dan gerhana matahari cincin. Di titik permukaan bumi tertentu, gerhana matahari bisa muncul sebagai gerhana matahari total, sedangkan di titik lain bisa muncul sebagai gerhana matahari cincin.

Namun, fenomena gerhana matahari hibrida ini biasanya dimulai dengan gerhana matahari cincin terlebih dahulu, dilanjutkan dengan gerhana matahari total, dan berakhir dengan gerhana matahari cincin lagi.

Jawaban:

Gerhana matahari total

Gerhana matahari cincin

Gerhana matahari Sebagian

gerhana matahari total disebabkan oleh kebiasaan Matahari, Bulan, dan Bumi yang ada pada satu garis lurus dan sejajar.

gerhana matahari cincin, terjadi akibat bulan yang berada tepat di bawah bumi, dapat dilihat apabila kamu melihat gerhana dari arah yang agak jauh, kalau gerhana di Sumatera, kamu lihat di Jawa

gerhana matahari sebagian, yaitu bulan hanya menutupi sebagian dari sinar matahari, sehingga konsentrasi umbra hanya sebagian.