Jelaskan elemen di dalam wirausahawan?​

Posted on

Jelaskan elemen di dalam wirausahawan?​

Jawaban:

1.Sesuai syariat

Bewirausaha dg syar’i dan berusaha yg syar’i merupakan dasar utama, karena akan menimbulkan kepercayaan dan kenyamanan dari konsumen/pelanggan terlebih mendatangkan ridho dan pahala dr Allah Ta’ala dan keselamatan diri dan keluarga dunia akhirat.

2. Perencanaan dan Pelaksanaan dan peninjauan

Perencanaan, Pelaksaanaan, dan peninjauan merupakan hal yg saling berjalan, baik diawal dan diperjalanan usaha. Tinjaulah/telitilah rencana usaha anda terutama disisi produk & modal – target konsumen – kompetisi usaha – pemasaran usaha, kemudian jalankan rencana tersebut untuk mencapai tujuan usaha anda. Bila anda menemui hambatan atau kesulitan dalam perjalanan usaha maka rencanakan cara mengatasi hambatan atau kesulitan tersebut terutama disisi produk & modal – target konsumen – kompetisi usaha – pemasaran usaha, tinjaulah/telitilah rencana tersebut terhadap hambatan/kesulitan yg ada kemudian kerjakan rencana tersebut.

3. Menetapkan tujuan

Bersamaan dengan perencanaan adalah menetapkan tujuan. tetapkan tujuan dan lakukan usaha untuk mencapai tujuan usaha, hindari hanya “mengikuti aliran” dan berharap yang terbaik, tapi beradaptasi dan berinovasilah dalam menjalankan usaha.

4. Adaptasi

Setiap usaha, apapun jenisnya, selalu menghadapi tantangan dan persaingan yang ada. Diperlukan ketekatan & kemauan untuk beradaptasi dan mengatasi tantangan-tantangan ini dg menentukan langkah-langkah strategis (Perencanaan – Pelaksaanaan – Peninjauan) dalam beradaptasi dan dalam meningkatkan kualitas usaha dalam berkompetisi.

5. Inovasi

Bejalan bersama dg perubahan pasar dg mencari peluang darinya, fokus pada upaya untuk berinovasi dari perubahan pasar dan peningkatan kualitas usaha untuk menghindari pelanggan mencari pesaing yang menawarkan sesuatu yang tidak terpikirkan .

6. Memasarkan secara konstan

Memasarkan tidak hanya sekedar menjual atau mengiklankan sesuatu. Namun ini segala sesuatu yang dikerjakan dan dihadapi untuk pelanggan/calon pelanggan bisa mengerti – melihat – bahkan tertari dg kualitas dan kelebihan produk atau usaha anda. Setiap saat Anda harus memasarkan ini saat dlm mencari calon pelanggan atau menjaga pelanggan yg ada, berbicara dengan calon pelanggan/pelanggan, atau bahkan saat berbicara dengan supplier untuk bisa juga mengenal produk & usaha anda.