Bagaimanakah proses terbentuknya alam semesta pertama kali?

Posted on

Bagaimanakah proses terbentuknya alam semesta pertama kali?

Jawaban Terkonfirmasi

Awal mula alam semesta menurut Teori Big Bang adalah bahwa awalnya alam semesta adalah singularitas yang sangat padat yang kemudian mengalami pemekaran secara eksponensial dan seketika, dalam suatu peristiwa yang disebut Big Bang (Ledakan Besar).  

Pembahasan:

Teori Big Bang adalah salah satu teori yang mencoba menjelaskan apa yang terjadi di awal mula alam semesta kita. Penemuan di bidang astronomi dan fisika membuat para Ilmuwan berasumsi bahwa alam semesta kita sebenarnya memiliki permulaan.  

Teori Big Bang ini adalah salah satu teori yang berusaha untuk menjelaskan apa yang terjadi selama dan setelah momen awal mula alam semesta ini. Teori Big Bang adalah teori paling populer tentang bagaimana alam semesta dimulai. Teori ini dicetuskan oleh tokoh seperti Georges Lemaître, Erwin Hubble dan Stephen Hawking.

Menurut teori ini, alam semesta kita muncul sebagai "singularitas" sekitar 13,7 miliar tahun yang lalu. Semua materi dan energi termampatkan dalam suatu zona kerapatan tak terbatas yang disebut "singularitas."  

Kemudian dari singularitas ini materi dan energi mengembang, mulanya secara seketika dan dalam waktu yang sangat cepat, seperti sebuah ledakan besar. Pemekaran ini kemudian terus berlangsung selama miliaran tahun berikutnya menjadi alam semesta yang kita kenal sekarang.

Karena instrumen saat ini tidak memungkinkan para astronom untuk mengetahui secara langsung kondisi awal kembali alam semesta, sebagian besar dari apa yang kita pahami tentang Teori Big Bang berasal dari formula dan model matematis yang dibuat para ilmuwan.  

Namun, para astronom dapat melihat tanda-tanda perluasan akibat big Bang, melalui fenomena yang dikenal sebagai gelombang kosmik mikro yang ada di alam semesta, yang dianggap sebagai sisa gelombang, yang terbentuk saat Big Bang terjadi.  

Pelajari lebih lanjut perbedaan dan persamaan teori-teori tentang terbentuknya jagat raya di: brainly.co.id/tugas/13160193

Pelajari lebih lanjut nama galaksi dimana terdapat planet Bumi di: brainly.co.id/tugas/10566100

Pelajari lebih lanjut Tokoh ilmuwan yang mengemukakan teori Big Bang di: brainly.co.id/tugas/1065552

————————————————————————————

Detail Jawaban:

Kode: 10.8.3

Kelas: X

Mata pelajaran: IPS  

Materi: Bab 3 – Dinamika Planet Bumi dan Tata Surya

Kata kunci: Teori Big Bang