Zat-zat dibawah ini yang tidak termasuk unsur adalah…..

Posted on

A. besi
B. emas
C. nikrom
D. belerang
E. kalium

Zat-zat dibawah ini yang tidak termasuk unsur adalah…..

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Zat-zat dibawah ini yang tidak termasuk unsur adalah…..  

C. nikrom  

Pembahasan:

Unsur adalah zat murni yang dapat diuraikan lagi menjadi zat lain yang lebih sederhana dengan reaksi kimia biasa. Unsur memiliki simbol unsur, nomor atom dan memiliki konfigurasi atom tertentu yang menyebabkan perbedaan sifat kimia.

A. besi  

Besi adalah unsur logam, dengan simbol Fe dan nomor atom 26. Besi banyak digunakan untuk bahan perlengkapan sehari-hari, dan diolah menjadi baja. Besi juga merupakan komponen pembentukan sel tubuh yang penting.

B. emas  

Emas adalah adalah unsur logam, dengan simbol Au dan nomor atom 79. Emas memiliki cirikhas kilaunya yang ebrwarna kekuningan, dan tidak mudah bereaksi. Emas banyak digunakan sebagai perhiasan karena sifatnya yang awet dan berkilau ini.

C. nikrom  

Nikrom  bukan merupakan unsur, melainkan adalah alloy (paduan) yang berupa campuran logam-logam berbeda. Di sini, nikrom dibuat dari paduan logam dari unsru nikel (Ni), krom (Cr) dan besi (Fe). Nikrom banyak digunakan sebagai komponen elektronik dan sebagai bahan dalam pembuatan petasan.

D. belerang  

Belerang adalah unsur non logam dengan simbol S dan nomor atom 16. Sulfur banyak ditemukan di gunung berapi, dan digunakan sebagai bahan pupuk, bubuk mesiu dan sabun obat.

E. kalium

Kalium (disebut juga sebagai potasium) adalah unsur logam alkali dengan simbol K dan nomor atom 16. Kalium digunakan sebagai bahan deterjen, pupuk dan pengganti garam.

Kode: –

Kelas: VII

Mata pelajaran: Kimia  

Materi: Senyawa dan Unsur

Kata kunci: Unsur