Kegunaan sinar x dalam kehidupan manusia

Posted on

Kegunaan sinar x dalam kehidupan manusia

Jawaban Terkonfirmasi

Kegunaan sinar X dalam kehidupan manusia:

  1. Mengetahui kondisi organ dalam
  2. Terapi radiasi
  3. Sterilisasi alat kesehatan
  4. Mendeteksi senjata dan narkotika

Pembahasan:

Sinar X adalah salah satu kelompok gelombang elektromagnetik dengan energi terbesar, karena memiliki frekuensi yang sangat tinggi (f = 3 × 10¹⁹ Hz).  

Akibat energi yang besar ini, sinar X dapat menembus benda lebih tebal sebelum energi fotonnya diserap oleh benda tersebut. Ini berbeda dengan gelombang elektromagnetik berfrekuensi rendah (seperti cahaya tampak) yang sulit menembus benda.

1. Mengetahui kondisi organ dalam

Sifat sinar X yang dapat menembus benda ini dimanfaatkan untuk mengetahui kondisi dalam organ dalam tubuh seperti tulang, paru-paru dan jantung, yang disebut dengan sinar Roentgen. Sinar ini dinamakan atas nama Wilhelm Conrad Röntgen, ilmuwan Jerman yang menemukan sinar ini pada 8 November 1895.

Dengan sinar X, kondisi organ dalam tubuh dapat iketahui tanpa perlu dilakukan pembedahan.

2. Terapi radiasi

Sinar X juga digunakan dalam terapi radiasi, yang juga disebut radioterapi, dengan radiasi berenergi tinggi untuk membunuh sel-sel berbahaya di dalam tubuh seperti sel kanker dan tumor.

3. Sterilisasi alat kesehatan

Alat kesehatan dapat disterilisasi dengan radiasi sinar X berenergi tinggi untuk membunuh virus dan bakteri. Ini untuk mencegah menyebarnya penyakit dari satu pasien ke pasien lain atau ke dokter dan perawat.  

4. Mendeteksi senjata dan narkotika

Sinar X dapat mendeteksi senjata api, senjata tajam dan narkotika, misalnya di bandar udara dan pengamanan gedung penting. Hal ini karena sinr X yang memiliki energi sangat besar dapat menembus lapisan seperti tubuh manusia, tas koper, dinding dan pakaian.

Pelajari lebih lanjut urutan spektrum gelombang elektromagnetik dari frekuensi tinggi ke rendah di: brainly.co.id/tugas/13942663

Pelajari lebih lanjut contoh sifat-sifat cahaya dalam kehidupan sehari-hari di: brainly.co.id/tugas/10644664

Pelajari lebih lanjut mengapa cahaya dapat diuraikan di: brainly.co.id/tugas/15394088

————————————————————————————-

Detail Jawaban  

Kode: 8.6.5  

Kelas: VIII

Mata Pelajaran: Fisika        

Materi: Bab 5 – Cahaya dan Alat Optik

Kata Kunci: Sinar X, Sinar Roentgen, Gelombang Elektromagnetik