Sebutkan 10 gunung yang ada di asean plus negaranya ???

Posted on

Sebutkan 10 gunung yang ada di asean plus negaranya ???

1. GUNUNG APO, FILIPINA

Gunung Apo merupakan gunung tertinggi di Filipina dengan ketinggian 2.954 mdpl. Hal itu membuat gunung ini dianggap sebagai asal muasal dari seluruh gunung yang ada di Negara ini. Jika anda berniat untuk mendakinya, jangan lupa dengan trek yang cukup berat. Mulai dari batuan tajam, rawa berlumut, hingga hutan belantara alami yang masih jarang terjamah. Anda juga akan menemukan suku adat Filipina tinggal di gunung ini.

 

2. GUNUNG RINJANI, INDONESIA

Gunung Rinjani merupakan salah satu gunung terfavorit para pendaki karena di atas ketinggian 2.000 mdpl, terdapat kaldera yang membentuk danau Segara Anak dan Gunung Barujari di tengahnya. Tentu keunikan ini tak akan dimiliki oleh gunung manapun di dunia. Dengan ketinggian 3.727 mdpl, Gunung Rinjani memberikan sensasi petualangan mendaki dan juga menikmati pemandangan yang lengkap di atasnya. Jangan lupa untuk mampir ke air terjun Kokok Putih saat melakukan pendakian dari jalur Torean.

3. GUNUNG KINABALU, MALAYSIA

Berada di ketinggian 4.095 mdpl, Gunung Kinabalu hadir sebagai sebuah taman nasional yang telah diakui oleh UNESCO sebagai situs penting di dunia. Gunung ini menjadi salah satu destinasi wisata terfavorit Malaysia. Tak heran jika setiap tahunnya gunung ini selalu padat oleh wisatawan asing untuk mendatangi salah satu gunung tertinggi di Asia Tenggara ini. Bagi anda yang ingin mengeksplorasi Gunung Kinabalu, anda butuh waktu 2 hari untuk mencapai puncaknya.

4. GUNUNG FANSIPAN, VIETNAM

Gunung ini memang terbilang cukup ekstrim untuk jalur pendakiannya. Gunung Fansipan di Vietnam ini memiliki ketinggian sekitar 3.143 mdpl dan dijuluki sebagai “atapnya indocina” juga diklaim sebagai puncak tertinggi di Negara itu. Anda hanya boleh mendaki trek curam ini dengan kondisi fisik yang prima dan cuaca yang baik. Biasanya pendaki yang mencoba mencapai puncaknya membutuhkan waktu sekitar 3 hari dari naik hingga turun lagi.

5. GUNUNG YUSHAN, TAIWAN

Gunung Yushan merupakan bagian dari Yushan National park dan menjadi daerah paling liar di Taiwan. Anda akan menemukan hutan lebat dengan aneka spesies fauna yang unik di sini. Masyarakat menjulukinya Jade Mountain karena pada saat musim dingin, puncaknya yang ditutupi salju tebal akan bersinar seperti batu giok. Memiliki ketinggian 3.952 mdpl, Gunung Yushan ini harus anda kunjungi saat berlibur ke Taiwan.

6. GUNUNG DOI INTHANON, THAILAND

Doi Inthanon adalah puncak tertinggi dataran tinggi Thailand dengan ketinggian 2.576 mdpl yang membentang ke selatan mulai dari Daen Lao Range. Jika anda ingin melihat pemandangan indah alami maka jangan lewatkan kesempatan melihat suasana hutan ditemani air terjun segar saat berkunjung ke Thailand.

7. DOI CHIANG DAO, THAILAND

Gunung Chiang Dao ini merupakan gunung batu kapur yang terletak di Provinsi Chiang Mai. Disebut sebagai gunung tertinggi di Thailand dengan ketinggian 2.175 mdpl, gunung ini sukses menjadi daya tarik para wisatawan untuk melihat aneka satwa burung yang lengkap. Ada hampir 300 spesies burung yang hidup di gunung ini dan beberapa spesies langka lainnya. Jadi berada di gunung ini seperti mengunjungi kandang burung raksasa.

8. GUNUNG PHOU BIA, LAOS

Gunung yang berada di Provinsi Xiangkhouang ini memiliki ketinggian 2.817 mdpl dan hampir seluruh puncaknya selalu tertutupi kabut karena cuaca yang dingin. Gunung ini merupakan dataran tertinggi di Laos dan menjadi salah satu kebanggan masyarakatnya. Meski tak perah bersalju namun menurut sejarah, puncak Gunung Phou Bia ini sempat terjadi hujan salju.

9. GUNUNG RAMELAU, TIMOR LESTE

Gunung yang disebut tertinggi di Timor Leste ini memiliki ketinggian 2.986 mdpl. Terletak di selatan ibukota Dili, Gunung Ramelau ini merupakan situs budaya dan sejarah yang sangat berarti bagi masyarakat Timor. Tak jarang anda akan menyaksikan beragam ritual agama dan budaya yang berkaitan dengan gunung ini. Gunung Ramelau ini juga sering disebut Tatamailau oleh penduduk setempat.

10. GUNUNG POPA, MYANMAR

Berkunjung ke Myanmar pastinya tak akan lengkap jika tak berada di Bagan. Daerah wisata terkenal seribu candi ini telah memikat mata dunia. Selain itu jangan lewatkan untuk mengunjungi Gunung Popa yang juga berada di daerah Bagan. Dengan ketinggian 1.518 mdpl, tentunya puncak gunung ini cocok untuk menikmati pemandangan khas Bagan dari sudut teratas. Anda tak perlu lagi menyewa balon udara untuk melihat Bagan dari ketinggia