Apa perbedaan antara anemia pernisiosa dengan anemia sel sabit

Posted on

Kak yang bisa jawab pliss
IPA Kelas 8​

Apa perbedaan antara anemia pernisiosa dengan anemia sel sabit

Jawaban:

Ini Bedanya Anemia Sel Sabit dengan Anemia Pernisiosa.

Penjelasan:

Anemia merupakan keluhan kesehatan berkaitan dengan darah yang pengidapnya tak sedikit. Namun, sebenarnya anemia ini terdiri dari beberapa jenis. Misalnya, anemia sel sabit dan anemia pernisiosa. Anemia sel sabit sendiri merupakan kondisi sel darah merah yang tak normal. Alhasil, membuat pembuluh darah kekurangan pasokan darah sehat dan oksigen untuk disebarkan ke seluruh tubuh.

Dalam kondisi normal, bentuk sel darah merah bundar dan lentur, sehingga mudah bergerak dalam pembuluh darah. Sedangkan pengidap anemia sel sabit, sel darahnya menyerupai sabit yang kaku dan mudah menempel pada pembuluh darah, sehingga dapat menciptakan gumpalan darah. Nah, inilah yang membuat aliran sel darah merah yang mengandung hemoglobin atau protein pembawa oksigen terhambat.

Baca juga: Karena Genetik, Anemia Sel Sabit Tidak Bisa Sembuh?

Lalu, apa bedanya anemia sel sabit dengan anemia pernisiosa?

Penyebabnya Tak Serupa

Anemia sel sabit merupakan masalah kesehatan yang disebabkan karena warisan alias genetik. Mutasi gen diturunkan dari kedua orangtua (harus keduanya) atau disebut resesif autosomal. Sedangkan anak yang membawa mutasi gen hanya dari satu orang tua, hanya jadi pembawa penyakit anemia sel sabit dan tak menunjukkan gejala apa pun.

Mutasi dari pengidap anemia sel sabit ini akan menyebabkan produksi sel darah merah dengan bentuk yang tak normal. Alhasil, bisa menimbulkan berbagai gangguan pada tubuh. Bagaimana dengan anemia pernisiosa?

Anemia jenis ini terjadi terjadi ketika tubuh tak dapat membuat cukup sel darah merah yang sehat, karena kekurangan vitamin B12. Padahal, vitamin B12 ini merupakan nutrisi untuk membuat sel-sel darah merah yang sehat. Enggak cuma itu, vitamin ini juga menjaga agar sistem saraf bekerja dengan optimal.

SEMOGA MEMBANTU