Jika kamu tenggelam apa yang harus kamu lakukan?​

Posted on

Jika kamu tenggelam apa yang harus kamu lakukan?​

Penjelasan:

1. Jangan panik

Bertahan untuk tidak panik ketika tenggelam mungkin sulit dilakukan. Tapi setidaknya kamu harus mencoba hal ini. Sikap panik hanya akan membuat pikiran semakin kalut. Kamu pun jadi tidak bisa berpikir hal-hal apa yang harus dilakukan untuk menyelamatkan diri.

Selain itu, sikap panik justru mendorong seseorang lebih banyak bergerak yang akhirnya membuat jadi semakin tenggelam. Padahal, kalau bisa tenang, kamu bisa mengambang secara otomatis karena berat jenis tubuh kita lebih kecil ketimbang berat jenis air laut.

2. Lihat posisi kapal

Setelah berhasil menenangkan diri, segera cari tahu posisi kapal. Jika masih mampun berenang, cobalah untuk meraih kapan. Biasanya, tim penolong akan memulai mencari korban dari dekat kapal.

3. Cari benda yang mengapung

Jika ada bongkahan kayu atau benda besar lain yang mengambang di dekat kamu, cobalah raih. Tujuannya untuk menjadikan benda tersebut sebagai tempat bersandar. Lama mengapung di tengah lautan tanpa ada benda untuk berpegang pasti melelahkan.

4. Coba selamatkan diri sendiri dulu baru kemudian orang lain

Kalau belum berhasil menyelamatkan diri, jangan coba-coba menyelamatkan orang lain. Yang ada, bukannya kamu dan teman selamat, tapi malah tenggelam bersama-sama.

5. Cari pelampung

Sebelum naik kapal pasti penumpang dianjurkan untuk mengenakan pelampung atau mencari tahu lokasi pelampung. Tujuannya agar ketika kapal mulai karam, dan ada tanda-tanda akan tenggelam, kamu bisa selamat karena mengenakan baju pelampung

Semoga bermanfaat

jawaban 1 jangan panik 2 lihat posisi kapal 3cari benda yg mengapung