Apa pengertian dari teks eksplanasi?

Posted on

Apa pengertian dari teks eksplanasi?

Jawaban Terkonfirmasi

Teks Eksplanasi adalah teks yang menjelaskan tentang proses terjadinya atau terbentuknya suatu fenomena alam atau sosial. Pada teks eksplanasi, sebuah peristiwa timbul karena ada peristiwa lain sebelumnya dan peristiwa tersebut mengakibatkan peristiwa yang lain lagi sesudahnya. Struktur teksnya adalah pernyataan umum, urutan alasan logis.

Contoh teks eksplanasi, seperti proses terjadinya gerhana bulan, proses terjadinya hujan, proses terjadinya polusi tanah, proses rusaknya paru-paru karena asap rokok, dsb.

Ciri bahasa teks eksplanasi adalah sebagai berikut.Fokus pada hal umum (generic), bukan partisipan manusia (nonhuman participants), misalnya gempa bumi, banjir, hujan, dan udara.Dimungkinkan menggunakan istilah ilmiahMenggunakan konjungsi waktu atau klausal, misalnya jika, bila, sehingga, sebelum, pertama dan kemudian.Bahasanya ringkas menarik dan jelasTeks Eksplanasi digunakan untuk memperhitungkan mengapa sesuatu menjadi seperti itu. Eksplanasi lebih merupakan proses-proses daripada tentang sesuatu.Contoh: Tujuan dari teks eksplanasi Gempa Bumi adalah untuk menjelaskan proses/fenomena terjadinya gempa bumi.

Jawaban Terkonfirmasi

Pengertian explanation text adalah tulisan yang menjelaskan sesuatu berdasarkan fakta yang dipaparkan dengan proses-proses kenapa sesuatu itu bisa terjadi, dan ada yang menjelaskan dengan efek dan akibat. Contohnya seperti dalam artikel explanation text tentang banjir,  texplanation text tentang tsunami, global warming, pelangi, gempa bumi, dll.