Jelaskan perkembangan teknologi ruang angkasa!

Posted on

Jelaskan perkembangan teknologi ruang angkasa!

Jawaban Terkonfirmasi

Jawaban:

Perkembangan teknologi ruang angkasa dimulai dari peluncuran satelit pertama yaitu Sputnik oleh Uni Sovyet pada 4 Oktober 1957. Kesuskesan ini memicu Space Race (Perlombaan Luar Angkasa) antara Amerika dan Uni Sovyet.

Uni Sovyet melanjutkan kesuksesannya dengan meluncurkan manusia pertama ke luar angkasa, yaitu Yuri Gagarin pada 12 April 1961, disusul wanita pertama, Valentina Tereshkova pada 16 Juni 1963.

Program luar angkasa Amerika Serikat mulai menyusul dengan keberhasilan meluncurkan Alan Shepard pada 5 Mei 1961. Kesuksesan Amerika Serikat akhirnya dicapai setelah keberhasilan Amerika Serikat dalam mengirimkan misi luar angkasa ke bulan, yaitu misi Apollo 8 pada 21 Desember 1968.

Perkembangan teknologi memungkinkan konstruksi perangkat luar angkasa baru, yaitu pesawat ulang alik, yang dapat digunakan berkali-kali dalam misi luar angkasa. Pada 12 April 1981, Amerika Serikat meluncurkan shuttle Columbia dalam penerbangan pesawat ulang alik pertama.

Sementara, Uni Sovyet mengembangan stasiun luar angkasa yang memungkinkan manusia untuk tinggal berbulan-bulan di luar angkasa. Ini memungkinkan berbagai eksperimen ilmiah di luar angkasa. Pada 20 Februari 196, Uni Sovyet meluncurkan stasiun luar angkasa MIR, sebuah stasiun yang sangat sukses dan dapat bekerja hingga tahun 2001.

Awalnya, teknologi luar angkasa digunakan untuk kegiatan ilmiah atau militer. Namun, pada waktunya, manfaat teknologi luar angkasa dalam komunikasi segera dirasakan. Dengan adanya satelit, sinyal komunikasi bisa dipancarkan ke satelit luar angkasa dan kemudian diteruskan ke alat penerima. Ini memungkinkan komunikasi pada jarak jauh yang cepat.

Satelit telekomunikasi pertama adalah Telstar, yang diluncurkan Amerika Serikat pada tahun 1962. Satelit komunikasi pertama yang dimiliki oleh Indonesia adalah Satelit Palapa yang diluncurkan tahun 1976.

 

Kode: –

Kelas: XI

Mata pelajaran: IPS / Sejarah

Materi: –

Kata kunci: Komunikasi dan Teknologi Luar Angkasa