Jelaskan tentang teori Evolusi Biologi dan Evolusi Kimia ?

Posted on

Jelaskan tentang teori Evolusi Biologi dan Evolusi Kimia ?

Jawaban Terkonfirmasi

Teori evolusi kimia

  • Menurut teori ini dijelaskan bahwa makhluk hidup sederhana pada awalnya terbentuk dari molekul organik pada atmosfer yang bereaksi akibat cahaya matahari dan aliran petir.

Teori evolusi biologi

  • Menurut teori ini dijelaskan bahwa makhluk hidup pada awalnya terbentuk dari zat organik yang terbawa menuju lautan panas dan membentuk struktur kimiawi seperti DNA, RNA dsb sebagai penyusun utama makhluk hidup.

Pembahasan :

Teori evolusi biologi merupakan teori yang berasal dari hipotesis salah satu yang terkenal pada tahun 1920-an yaitu Alexander Ivanovich Oparin. Menurut Oparin asal muasal kehidupan adalah sebagai berikut :

  • Makhluk hidup terbentuk dari sup primordial, dimana sup primordial sendiri terbentuk dari zat-zat anorganik dari bebatuan yang terkikis oleh air dan terbawa menuju lautan yang panas.
  • Sup primordial selama jutaan tahun akan berkembang membentuk struktur makhluk hidup seperti DNA dan RNA yang kemudian membentuk sel pertama dan mampu membelah diri membentuk kehidupan di bumi.

Dari teori evolusi tersebut maka struktur evolusi kehidupan di muka bumi sebagai berikut :

(I) Terbentuknya organisme prokariotik

  • Makhluk hidup prokariotik merupakan makhluk hidup Perintis atau makhluk purba yang hanya memiliki struktur sederhana berupa DNA dan RNA dan mampu hidup dalam kondisi yang ekstrem.
  • Dalam kurun waktu yang lama makhluk prokariotik terus berkembang dan mampu melakukan kemosintesis serta membentuk makhluk hidup lain yang lebih kompleks.

(II) Terbentuknya organisme fotoautotrof

  • Semakin berkembangnya organisme prokariotik jumlah kebutuhan konsumsi molekul organik semakin besar, maka organisme tersebut semakin berkembang dengan cara membentuk molekul organiknya sendiri.
  • Makhluk prokariotik mampu membentuk molekul organiknya sendiri dari proses reaksi yang melibatkan bantuan cahaya matahari sehingga disebut dengan fotoautotrof.

(III) Terbentuknya organisme eukariotik

  • Seiring berjalannya waktu organisme prokariotik terus berkembang hingga mampu membentuk struktur baru yang lebih kompleks. Struktur tersebut adalah membran organel sel yang terbentuk dari proses invaginasi terspesialisasi.
  • Organisme eukariotik pada saat ini familiar disebut dengan protista dan banyak ditemukan pada perairan seperti Alga atau ganggang dan memiliki kemampuan untuk bergerak.

Pelajari lebih lanjut :

Detail jawaban:

Mapel : Biologi

Kelas : XII

Bab : Evolusi

Kode : 12.4.7

#SolusiBrainlyCommunity