Uraikan contoh perubahan fisika aalah…..

Posted on

Uraikan contoh perubahan fisika aalah…..

Jawaban Terkonfirmasi

1. Perubahan Fisika yang Mengubah Wujud Zat
Perubahan fisika yang mengubah wujud zat umumnya dipengaruhi oleh faktor suhu atau temperatur lingkungan.
» Contoh perubahan fisika yang terjadi antara lain :
• Mencair adalah perubahan zat dari wujud padat ke wujud cair. Contohnya perubahan es yang mencair menjadi air.
• Membeku adalah perubahan zat dari wujud cair ke wujud padat. Contohnya perubahan air yang membeku menjadi es dan cairan logam yang membeku logam padat.
• Mengembun adalah perubahan zat dari wujud gas ke wujud cair. Contohnya perubahan uap air yang mengembun menjadi air di pagi hari.
• Menguap adalah perubahan zat dari wujud cair ke wujud gas. Contohnya perubahan air yang menjadi uap saat dipanaskan di atas kompor.
• Menyublim adalah perubahan zat dari wujud padat ke wujud gas. Contohnya perubahan kapur barus menjadi gas yang beraroma kamper.
Deposisi adalah perubahan zat dari wujud gas ke wujud padat. Contohnya gas kapur barus yang dikristalisasi menjadi padat.

2. Perubahan Fisika yang Mengubah Ukuran Zat
Perubahan fisika yang mengubah ukuran zat umumnya dipengaruhi oleh faktor mekanis yang bersentuhan langsung dengan zat tersebut seperti karena dipotong, dipecah, digiling, dan dicincang.
» Contoh perubahan fisika ini adalah biji kopi yang ditumbuk menjadi serbuk kopi atau beras yang ditumbuk menjadi tepung beras.

3. Perubahan Fisika yang Mengubah Volume Zat
Perubahan fisika yang mengubah volume zat umumnya juga dipengaruhi oleh faktor suhu atau temperatur lingkungan. Perubahan volume suatu zat karena pengaruh suhu cenderung lebih sering disebut dengan istilah pemuaian.
» Contoh perubahan fisika ini misalnya pemuaian rel kereta api di musim kemarau karena faktor suhu udara yang panas.

4. Perubahan Fisika yang Mengubah Bentuk Zat
Perubahan fisika yang mengubah bentuk zat dapat terjadi jika zat atau benda tersebut dipukul, diremas, atau diubah menggunakan alat bantu mesin.
» Contoh perubahan fisika ini misalnya kayu yang diubah bentuknya menjadi kursi, meja, dan lemari atau tanah liat yang diubah menjadi hiasan seperti guci, vas bunga, dan lain sebagainya.

# maaf kalo slh