Sistem kekerabatan di beberapa wilayah indonesia dan contoh daerah yang mrnganutnya

Posted on

Sistem kekerabatan di beberapa wilayah indonesia dan contoh daerah yang mrnganutnya

-Suku Enggano, adalah penghuni pulau asli Enggano dan empat pulau di sekitarnya yang merupakan salah satu wilayah Indonesia di sebelah barat pulau Sumatera. Lebih membahas berada di provinsi Bengkulu. diberikan suku Mentawai dan suku Nias, mereka pembawa budaya Proto Melayu atau Melayu Tua. Suku enggano menentukan perempuan sebagai pewaris suku dan sebagai garis keturunan (matrilineal). Nama marga suku diwariskan berdasarkan marga ibu. Suku Enggano membuat garis keturunan matrilineal mungkin karena seringnya terjadi peperangan antar suku dan kegiatan dari para lelaki suku ini. Semua bentuk warisan sebagai harta tidak bergerak seperti rumah dan tanah diwariskan untuk anak perempuan, sedangkan anak laki-laki hanya diwariskan peralatan pertanian dan senjata tajam.
-Suku Petalangan hidup di kabupaten Pelalawan, provinsi Riau. Sebagian besar dari mereka mencari nafkah dari hutan karet dan menjadi nelayan. Menurut tambo orang petalangan, mereka berasal dari Johor (Malaysia) dan dibuka di pemukiman mereka sekarang ini. Meskipun demikian, sebagian besar suku petalangan juga ada yang didapat dari Minangkabau.
-Suku Aneuk Jamee adalah suku di Indonesia yang tersebar di sepanjang pesisir barat Aceh mulai dari Singkil, Aceh Selatan, Aceh Barat Daya dan Simeulue. Suku ini merupakan perantau Minangkabau yang bermigrasi ke Aceh dan telah berakulturasi dengan Suku Aceh. Secara etimologi, nama "Aneuk Jamee" berasal dari bahasa Aceh yang sepenuhnya berarti "anak tamu".
-Suku Sakai merupakan salah satu suku terasing di Indonesia yang hidup di pedalaman Riau. Banyak versi tentang asal-usul suku Sakai. Ada yang menghargai suku sakai berasal dari percampuran antara ras Wedoid dengan Proto Melayu. Pendapat lainnya menyebutkan jika suku Sakai berasal dari Pagaruyung, Sumatera Barat karena merupakan kemiripan bahasa. Bagi orang Sakai sendiri, pendapat kedua ini dianggap paling benar karena mereka percaya pada nenek moyang mereka berasal dari Pagaruyung.
-Suku Ocu merupakan salah satu suku yang hidup di wilayah kabupaten Kampar, Riau. Banyak anggapan yang dikirim jika suku berasal dari orang-orang Minangkabau. Anggapan ini muncul karena beberapa budaya, adat istiadat, bahasa, struktur pemerintahan agak mirip dengan budaya Minangkabau. Selain itu terletak pemukiman suku di Kabupaten Kampar berbatasan langsung dengan provinsi Sumatera Barat. Walau banyak membantah, namun suku Ocu membantah keras jika disebut menentang Minangkabau. Bagi mereka, karakter dan kebiasaan orang Ocu berbeda jauh dengan suku Minangkabau.

semoga membantu maaf klo salah 🙂