Tolong jawabannya ya​

Posted on

Tolong jawabannya ya​

Tolong jawabannya ya​

Jawaban:

1. BPUPKI dibentuk pertama kali oleh pemerintah Jepang pada 1 Maret 1945, bertepatan dengan ulang tahun Kaisar Hirohito.

2. ketua: KRT Radjiman Wedyodiningrat

Wakil Ketua: Ichibangase Yosio dan Raden Pandji Soeroso

Anggota:

Soekarno

Mohammad Hatta

Ki Hajar Dewantara

Raden Suleiman Effendi Kusumaatmaja

Samsi Sastrawidagda

Sukiman Wiryosanjoyo

Kanjeng Raden Mas Hario Sosrodiningrat

KH A Ahmad Sanusi

KH Wahid Hasyim

H Agus Salim

Raden Ashar Sutejo Munandar

(karena banyak saya sebutkan beberapa saja)

3. tugas mencari Tahu apa saja yang diperlukan untuk mempersiapkan kemerdekaan Indonesia yaitu UUD.

4. Sidang resmi:

Sidang pertama diikuti 69 anggota (62 orang Indonesia dan 7 orang Jepang)

Sidang pertama ini tidak menghasilkan kesimpulan apapun. Pada waktu itu hanya ada saransaran atau usulan mengenai rumusan dasar negara bagi Indonesia merdeka. Setelah itu,

BPUPKI melakukan reses atau masa istirahat.

5. Sidang tidak resmi:

Karena sidang pertama BPUPKI tidak menghasilkan kesimpulan apapun, sebelum reses

dibentuklah panitia kecil beranggotakan sembilan orang yang bertugas menampung saran

dan usulan tentang dasar negara.

mereka mendiskusikan rumusan dasar negara dan konsep rancangan Pembukaan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia. Pada akhirnya mereka menyepakati dasar negara

yang tercantum dalam pembukaan hukum dasar.

Jawaban:

1. BPUPKI dibentuk pertama kali oleh pemerintah Jepang pada 1 Maret 1945, bertepatan dengan ulang tahun Kaisar Hirohito. Lembaga ini dibentuk sebagai upaya mendapatkan dukungan dari bangsa Indonesia, dengan menjanjikan bahwa Jepang akan membantu proses kemerdekaan Indonesia.

2. Ir. Soekarno sebagai ketua, Mohammad Hatta, Muhammad Yamin, A.A Maramis, Mr. Achmad Soebardjo (golongan kebangsaan), Kyai Haji Wahid Hasjim, Kyai Haji Kahar Moezakir.

3. Tugas Utama BPUPKI

Tugas BPUPKI adalah mempelajari dan menyelidiki hal-hal yang berhubungan dengan segi politik, ekonomi, tata pemerintahan, dan aspek lain yang diperlukan dalam usaha mencapai kemerdekaan Indonesia. Selain tugas utama,BPUPKI juga mengemban beberapa tugasberikut: Membahas mengenai Dasar Negara.

4. Untuk sidang resmi BPUPKI dilakukan sebanyak dua kali sidang. Sidang BPUPKI pertama dilakukan 29 Mei hingga 1 Juni 1945. Sidang pertama BPUPKI banyak membahas dasar negara Indonesia. Sidang resmi kedua BPUPKI dilaksanakan pada 10 sampai 17 Juli 1945. Tujuan dari sidang kedua BPUPKI ini adalah membahas rancangan Undang-Undang Dasar. Pada akhir masa sidang pertama, BPUPKI membentuk panitia kecil dan panitia sembilan untuk merumuskan dasar negara.

5. Proses sidang tidak resmi yang dilaksanakan BPUPKIadalah berlangsung dimasa reses antara sidangpertama dan sidang kedua yang bertujuan guna membahas Pembukaan Undang-Undang Dasar 1945, dilaksanakan di gedung Chuo Sangi In.