Indonesia memiliki keragaman sosial. faktor penyebab terjadinya perbedaan keragaman sosial di Indonesia adalah​

Posted on

Indonesia memiliki keragaman sosial. faktor penyebab terjadinya perbedaan keragaman sosial di Indonesia adalah​

Jawaban:

Letak strategis wilayah Indonesia.

Kondisi negara kepulauan.

Perbedaan kondisi alam.

Keadaan transportasi dan komunikasi.

Penerimaan masyarakat terhadap perubahan.

Faktor Sejarah.

Faktor Agama.

Pegaruh kebudayaan asing.

Penjelasan:

semoga membantu

Penjelasan:

1) penerimaan masyarakat terhadap perubahan

maksudnya adalah sikap masyarakat terhadap sesuatu yang baru baik yang datang dari dalam maupun luar masyarakat membawa pengaruh terhadap perbedaan baik adat istiadat,agama,bahasa, tarian dll.

2) keadaan transportasi dan komunikasi

kemajuan sarana transportasi dan komunikasi juga mempengaruhi perbedaan masyarakat. contohnya adalah: Teknologi didaerah ibu kota transportasi dan komunikasi nya lebih unggul/lebih canggih dari pada didaerah desa

3)kondisi negara kepulauan

Indonesi terdiri banyak ribuan pulau, keadaan ini menghambat hubungan antar masyarakat Indonesia dari pulau yang berbeda-beda.

4) Perbedaan kondisi iklim

kondisi alam yang berbeda-beda, seperti di daerah pantai, pegunungan, Padang rumput, dataran rendah,rawa-rawa, dan lauti, mengakibatkan perbedaan masyarakat serta kekayaan alam yang didapat.

contohnya:didaerah dataran rendah para petani banyak menghasilkan tanaman kopi dari pada didaerah pantai karena kondisi iklim hujan yang lebat.

5) Letak strategis wilayah Indonesia

Letak strategis di Indonesia adalah diapit oleh 2 samudra yaitu samudra hindia dan samudra pasifik dan diapit oleh 2 benua yaitu benua Australia dan benua asia. Oleh karenanya perbedaannya pada komoditas ekspor dan impor pada suatu negara/ perjualan bahan-bahan olahan pada tiap daerah atau kota.

~THANKS~