A. Buatlah sebuah teks eksplanasi dengan memilih tema fenomena alam, sosial, maupun budaya.

Posted on

b. Kumpulkan berbagai informasi berkaitan dengan topik yang kalian buat.
c. Buatlah kerangka karangan sesuai struktur, kemudian kembangkan gagasanmu menjadi tulisan teks eksplanasi. d. Suntinglah karangan yang telah dibuat dengan menelaah kesesuaian struktur teks, kebahasaan, dan ejaan.
e. Berdasarkan karangan yang telah disunting, tulislah kembali karangan kalian dengan benar.

di butuhkan sebelum tengah malam ​

A. Buatlah sebuah teks eksplanasi dengan memilih tema fenomena alam, sosial, maupun budaya.

•▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬•                                                        

╭─────⊱ JAWABANNYA ⊰─────

Jawaban no A dan B

  • Terjadinya Musibah Banjir Bandang

Banjir bandang atau air bah adalah banjir besar yang datang secara tiba-tiba. Banjir in akan menggenangi, hingga mengalir deras sehingga mampu menghanyutkan benda-benda besar seperti kayu bahkan mobil di sekitar area yang terbanjiri.

  • Rangkaian Kejadian (Deretan Penjelas)

Banjir bandang terjadi secara tiba-tiba di daerah permukaan rendah yang diakibat hujan yang turun terus-menerus. Banjir ini terjadi saat penambahan debit air terhadap tanah di wilayah tersebut berlangsung dengan sangat cepat hingga tidak dapat diserap lagi.

Namun bukan hujan deras yang tak kunjung henti saja alasannya. Penyebabnya sangatlah beragam, termasuk tertutupnya area tanah oleh lantai, aspal dan rumah-rumah yang dibangun di sekitar. Singkat kata, pembangunan yang tidak memperhatikan keseimbangan alam dapat menjadi penyebabnya juga.

Air yang tergenang lalu berkumpul di daerah-daerah dengan permukaan rendah dan mengalir dengan cepat ke daerah yang lebih rendah. Akibatnya, segala macam benda yang dilewatinya dikelilingi air secara tiba-tiba. Banjir bandang dapat mengakibatkan kerugian yang sangat besar.

  • Ulasan

Menanggulangi banjir adalah hal yang terpaksa dilakukan, namun mencegahnya adalah suatu kewajiban yang harus dilakukan. Alasan banjir bandang yang paling sering terjadi adalah akibat dari meluapnya air sungai yang sudah tidak dapat mengalir dengan cepat karena terhambat oleh sampah. Sehingga mari disiplin untuk tidak membuang sampah ke sungai.

Jawaban C

  • kerangka karangan  

– Pancasila adalah

– Sejarah singkat Pancasila

– Fungsi Pancasila

– Penerapan Pancasila

  • Pengertian Pancasila  

 Pancasila adalah dasar negara Indonesia, Pancasila berlambang burung garuda memuat 5 sila yang diyakini bangsa Indonesia sebagai dasar dan pondasi negara Indonesia. Pancasila mendasar Pendidikan, kenegaraan, perpolitikan, sosial, dan pandangan Indonesia.

  • Sejarah singkat Pancasila  

Pancasila sebagai dasar negara memiliki sejarah yang indah, Pancasila dibentuk dan dikemukakan oleh 3 orang, Mr.Moh. Yamin, Mr. Soepomo dan Ir. Soekarno, mereka membentuk Pancasila di BPUPKI dan meresmikan di PPKI sebagai dasar negara. Pancasila tidaklah berjalan mudah, awal kemerdekaan Pancasila banyak guncangan, kerusakan persatuan, diambangi diganti orang lain, kerusakan nilai Pancasila, dan beberapa kasus penyelewengan Pancasila yang parah hingga kasus G30SPKI. Namun, atas rahmat Tuhan Maha Esa, Pancasila bangkit dan tetap teguh menjadi dasar dan pondasi Indonesia sampai sekarang

  • Fungsi Pancasila

  Fungsi utama Pancasila adalah dasar negara, lalu memiliki fungsi lainnya, yaitu ideologi negara, pandangan hidup bangsa, sumber kenegaraan, identitas dasar nasional Indonesia.

  • Penerapan Pancasila  

Penerapan Pancasila tidaklah sulit, cukup memaknai semua sila sila Pancasila dan menerapkan dalam sehari – hari, memiliki sikap keTuhanan, berkemanusiaan, cinta nasionalisme/ patriotisme, suka bermusyawarah dan bersikap adil sesama adalah kunci penerapan Pancasila sila 1 sampai 5.

•▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬•                                                      

#Let's Learn Together Brainly ( Mari Belajar Bersama Brainly )                        

# Hope you understand  ( Semoga kamu mengerti )                            

#Don't forget to press like  'ω' ( Jangan lupa tekan like )      

Bila ada kesalah dalam jawaban kasih tau di kolom komentar :>                                

▬▬▬▬▬▬ஜ۩۞۩ஜ▬▬▬▬▬▬▬•