Jelaskan arti-arti tajwid berikut : Idzhar Halqi, Idgham Bigunnah, Idgham Bilagunnah, Iqlab, dan Ikhfa Haqiqi!

Posted on

Jelaskan arti-arti tajwid berikut : Idzhar Halqi, Idgham Bigunnah, Idgham Bilagunnah, Iqlab, dan Ikhfa Haqiqi!

Jawaban Terkonfirmasi

1) Idzhar Halqi -> Yaitu hukum bacaan yang terjadi apabila terdapat nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf 6, yakni ; alif, ha, 'ain, ghain, Ha, kha. Cara membacanya jelas, karena Idzhar sendiri berarti jelas.
2) Idgham Bigunnah -> Yaitu hukum bacaan yang terjadi apabila terdapat nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf 4, yakni ; ya, nun, mim, wawu. Cara membacanya dengung, karena Idgham sendiri berarti dengung.
3) Idgham Bilagunnah -> Yaitu hukum bacaan yang terjadi apabila terdapat nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf 2, yakni ; lam dan ra. Cara membacanya dengung.
4) Iqlab -> Yaitu hukum bacaan yang terjadi apabila terdapat nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf ba. Iqlab sendiri berarti mengganti, yakni mengganti bunyi nun mati atau tanwin menjadi huruf mim.
5) Ikhfa Haqiqi -> Yaitu hukum bacaan yang terjadi apabila terdapat nun mati atau tanwin yang bertemu dengan huruf 15 (selain huruf idzhar, idgham bigunnah, idgham bilagunnah, dan iklab). Cara membacanya samar. Karena ikhfa sendiri berarti samar.

#No copas

Kalo idzhar nun sukun atau tanwin bertemu ( alif/ hamzah,kha,kho,' ain, ghain,ha).
idgham bigunnah nun sukun atau tanwin bertemu (ya,wawu,mim,nun)
idgham bilagunnah nun sukun bertemu (lam dan ra ).
iqlab nun sukun bertemu ba.
ikhfa'khaqiqi nun atau tanwin bertemu huruf 15 yaitu (ta,tsa,jim,dal,dzal,za,sin,syin,shat,
dzat,tha,zha,fa,qof,kaf)
mudah mudahan bener kalo gak salah