Jelaskan tentang contoh surat izin kuliah

Posted on

Jelaskan tentang contoh surat izin kuliah

Identitas Tidak Jelas

Dalam pembuatan surat izin, aspek yang paling utama diperhatikan adalah nama penulis surat. Jika elemen utama ini diabaikan maka tidak menutup kemungkinan dosen juga akan mengabaikan surat yang telah Anda buat. Beberapa hal yang perlu dilengkapi saat membuat surat izin tidak masuk kuliah di antaranya: mencantumkan nama, nomor induk mahasiswa, program studi dan fakultas. 

Bahasa Tidak Meyakinkan

Kesalahan selanjutnya yang biasa dilakukan saat pembuatan surat izin tidak kuliah adalah memakai bahasa yang tidak meyakinkan. Bahasa yang tidak meyakinkan ini, kami masukkan ke dalam alasan yang kurang tepat yang akan kami jelaskan di bawah. 

Kelengkapan Surat Seadanya

Banyak mahasiswa yang membuat surat hanya bermodalkan kertas dengan tinta, nampak seperti surat formalitas biasa. Analogi sederhana jika Anda diperlakukan secara spesial tentu Anda akan merasa dihargai, begitu pun dengan dosen. Tentu surat mahasiswa berbeda dengan surat izin tidak sekolah. Melengkapi surat dengan keterangan sakit dari dokter, melampirkan juknis kegiatan jika sedang mengikuti kegiatan, hingga melampirkan keterangan dinas jika sedang menjalankan dinas. Satu hal yang juga banyak dilupakan mahasiswa adalah surat tidak dibungkus dengan alpop yang cantik.

 Ingat dosen Anda adalah orang yang memiliki strata akademik lebih bagus dari Anda, jadi Anggapan yangAnda harus miliki, bapak dosen jauh lebih mengerti surat yang dibuat dengan rekayasa dan surat yang dibuat dengan seseungguhnya ketimbang Anda.