Pernyataan positif yang akan menentukan arah dan sisi dari suatu debat disebut

Posted on

Pernyataan positif yang akan menentukan arah dan sisi dari suatu debat disebut

Jawaban Terkonfirmasi

Secara sederhana debat dapat diartikan sebagai kegiatan mengadu pendapat terkait suatu topik tertentu. Karena dalam debat terjadi adu gagasan, maka debat selalu mempertemukan setidaknya 2 pihak yang berbeda pandangan. Jika diarahkan dengan baik, kegiatan debat dapat membuka wawasan kita terkait topik tertentu. Namun, tidak sering kegiatan debat berujung tanpa solusi dan malah debat kusir karena ketidakmampuan dari seluruh pihak yang terlibat untuk menampilkan debat yang berkualitas.
Salah satu unsur kegiatan debat adalah teks debat. Ada beberapa hal terkait teks debat yang harus selalu kita perhatikan, yaitu:

1. PermasalahanPermasalahan adalah pernyataan yang mendorong munculnya suatu topik dalam kegiatan debat. Topik sendiri dapat diartikan sebagai pernyataan positif yang akan menentukan arah dan isi dari suatu debat. 

2. Argumentasi
Setelah suatu topik disetujui untuk diusung dalam debat, maka setiap pihak yang terlibat diperkenankan untuk menyampaikan argumentasi mereka terkait topik tersebut. Argumentasi berbeda dengan pendapat. Argumentasi secara sederhana dapat diartikan sebagai pendapat yang didukung oleh data-data yang valid dan kredibel. Tanpa adanya fakta dan data yang mendukung, suatu pendapat tidak bisa disebut sebagai argumen.

3. Tanggapan
Tanggapan dapat diartikan sebagai respon yang diberikan oleh satu pihak dalam debat terkait argumen yang dilontarkan oleh pihak lain. Tanggapan dapat berupa persetujuan atau sanggahan. 

4. Sudut pandang
Setiap pihak yang terlibat dalam kegiatan debat dapat memiliki sudut pandang yang berbeda terkait topik yang diusung. Namun, justru karena perbedaan sudut pandang inilah, kita mampu memetik manfaat dari suatu debat, sejauh debat tersebut dilakukan dengan baik.

5. Simpulan
Simpulan adalah hasil yang diperoleh dari kegiatan debat. Simpulan biasanya disampaikan oleh moderator debat.

Contoh lain tentang debat dapat kamu pelajari pada halaman berikut:
brainly.co.id/tugas/995573

Simpulan:
Topik sendiri dapat diartikan sebagai pernyataan positif yang akan menentukan arah dan isi dari suatu debat. 

Kelas: VII
Mata pelajaran: Bahasa Indonesia
Kategori: Fakta dan Tanggapan
Kata kunci: debat, topik, penentu arah, isi