Perbedaan antara sistem saraf sadar dan tak sadar

Posted on

Perbedaan antara sistem saraf sadar dan tak sadar

Sistem Saraf SadarYaitu sistem saraf yang mengatur segala gerakan yang dilakukan secara sadar atau dibawah koordinasi saraf pusat atau otak. Sistem saraf sadar mengontrol aktivitas yang kerjanya diatur oleh otak

Sistem
saraf tak sadar disebut juga saraf otonom yaitu sistem saraf yang
bekerja tanpa diperintah oleh sistem saraf pusat dan terletak khusus
pada sumsum tulang belakang. Sistem saraf otonom mengontrol aktivitas yang tidak dapat diatur otak

Sistem Saraf Sadar
Yaitu sistem saraf yang mengatur segala gerakan yang dilakukan secara sadar atau dibawah koordinasi saraf pusat atau otak. Sistem saraf sadar mengontrol aktivitas yang kerjanya diatur oleh otak.
Sistem saraf sadar disusun oleh saraf otak (saraf kranial), yaitu saraf-saraf yang keluar dari otak, dan saraf sumsum tulang belakang, yaitu saraf-saraf yang keluar dari sumsum tulang belakang.
Sistem Saraf Tidak Sadar (Saraf Otonom)
Sistem saraf tak sadar disebut juga saraf otonom yaitu sistem saraf yang bekerja tanpa diperintah oleh sistem saraf pusat dan terletak khusus pada sumsum tulang belakang. Sistem saraf otonom mengontrol aktivitas yang tidak dapat diatur otak. Sistem saraf otonom terdiri dari neuron-neuron motorik yang mengatur kegiatan organ- organ dalam, misalnya jantung, paru-paru, ginjal, kelenjar keringat, otot polos sistem pencernaan, otot polos pembuluh darah.