Kegiatan ekonomi negara negara ASEAN adalah ?? Tolong dijawab ya… Terimakasih…

Posted on

Kegiatan ekonomi negara negara ASEAN adalah ??
Tolong dijawab ya… Terimakasih…

1.Perekonomian singapura sangat bergantung pada jasa perbankan, perdagangan, perhubungan, perindustrian, dan pariwisata. Industri Singapura menghasilkan kapal, barang elektronik dan bahan makanan untuk di ekspor. Untuk memenuhi kebutuhan bahan baku industrinya, Singapura mengimpornya dari negara lain, termasuk juga negara Indonesia.

2.Kegiatan ekonomi penduduk Thailand adalah pertanian, kehutaan, pertambangan dan industri. Hasil pertanian yang terbesar negara Thailand adalah beras. Thailand merupakan lumbung padi di Asia tenggara. Hasil hutannya adalah kayu jati. Sektor pertambangannya menghasilkan timah dan mangan. Industri Thailand menghasilkan Tekstil, semen, dan baang elektronik. Penghasilan evisa utama negara Thailand berasal dari industri pariwisata

3.Kegiatan ekonomi utama penduduknya adalah dibudang pertanian, pertambangan, dan perindustrian. Pertanian merhgasilkan karet, minyak sawit, kopra, teh, lada dan padi. Pertamangan menghasilkan bijih timah, bauksit, bijih besi, dan minyak bumi, malaysia merupakan negara penghasil timah terbesar di dunia. Industri Malaysia menghasilkan barang dari naja dan barang elektronik.

4.Mata pencaharian sebagian besar penduduknya adalah di bidang pertanian, mata pencaharian lainnya adlaah yaitu di bidang pertambangan dan perindustrian, hasil pertanian Filipina antara lain padi, kelapa, serat abaka, nanas dan gula. Negara ini dijuluki “Home of the green Revolution” (Rumah Revolusi Hijau). Revolusi hjau adalah gerakan perubahan dalam sistem pertanian agar mengasilkan padi yang berkualitas tinggi dalam waktu ang cpat. Di Laos Banos, terdapat Balai penelitian padi Internasional. Hsail tambang Filipina adalah kobalt, tembaga, emas, nikel, bijih besi, dan minyak bumi.

5.Brunei Darussalam terkenal sebagai negara pengekspor minyak bumi dan gas alam. Barang yang diimpor negara brunei Darussalam adalah mesin, mobil, barang elektronik, beras dan gula. Brunei Darussalam termasuk ngara Asia Tenggara yang kaya, dengan pendapatan per kapita penduduknya paling tinggi. Negara ini mempunyai istana yang besar dan megah.

6.Mata pencarian utama penduduk Kamboja adalah di bidang pertanian. Daerah pertanian banyak terdapat di sepanjang Sungai mekong dan sekitar Danau Tonie sap. Padi termasuk hasil pertanian kamboja yang terbesar. Di samping tanaman padi, Kamboja juga menghasilkan karet dalam jumlah yang sangat besar.

7.Mata pencarian utama penduduk laos adalah di bidang pertanian. Kegiatan pertanian banyak di lakukan di sepanjang sungai mekong. Hasil utama pertanian laos adalah padi dan jagung. Hasil lainya berupa sayuran, pisang, pepaya dan kelapa. Selain pertanian, kegiatan ekonomi penduduk laos adalah berternak. Hasil ternak laos antara lain, sapi, babi, kerbau dan unggas.

8.Mata pencarian penduduk Vietnam sebagian besar adalah pertanian. Hasil utama pertanian Vietnam adalah padi. Hasil pertanian lainya, jagung, kapas, ubi jalar, teh dan tembakau. Hasil industri Vietnam antara lain, Tekstil, semen, Pupuk dan Ban. Hasil pertambangannya adalah emas, bijih besi, timah, gamping, fispat dan seng.

9.Mata pencarian penduduk myanmar adalah di bidang pertanian , perkebunan ,dan pertambangan.hasil utama pertanian myanmar adalalah dibadang pertanian.myanmar merupakan salah satu negara peng hasil padi terbesar di asia tenggara.hasil perkebunanya antara lain tebu dan kayu jati.hasil pertambanganya antara lain seng, tembaga,emas,perak,timah dan minyak bumi.

10.Sebagian besar penduduk Timor leste bermata pencaharian di bidang pertanian dan pternakan. Sebagian penduduknya bekerja di bidang pertambangan dan industri. Hasil pertaniannya meliputi padi, jagung, sayuran, kentang dan kacang-kacangan. Hasil peternakannya antara lain kuda, sapi, babi dan kambing. Hasil perkebunan meliputi kayu cendana, kopi, cengkeh, lada dan kelapa sawit. Hasil tambangnya antara lain minyak, emas, mangan, dan marmer. Keadaan ekonomi negara Timor Leste secara umum masih lemah karena keaaan politik di negara ini masih belum stabil.