Tuliskan contoh perbedaan kenampakan alam flora dan fauna yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara dan pulau Jawa​

Posted on

Tuliskan contoh perbedaan kenampakan alam flora dan fauna yang terdapat di Kepulauan Nusa Tenggara dan pulau Jawa​

Jawaban:

  • Flora dan fauna di Nusa Tenggara berbeda dengan daerah lain karena merupakan daerah peralihan.Contoh flora dan fauna di Nusa Tenggara adalah komodo dan cendana.
  • Flora dan fauna di Pulau Jawa mirip dengan di bagian Asia yaitu ukuran besar dan warna tidak mencolok. Contoh flora dan fauna di Jawa adalah Elang Jawa, gajah pohon jati, Raflesia.

Penjelasan:

  • Garis Wallace merupakan garis khayal yang membatasi fauna pada bagian barat yang dikenal dengan tipe Asiatis dengan yang ada di wilayah bagian tengah atau tipe peralihan. Garis khayal ini dibuat oleh seorang ahli zoologi yaitu Alfred Russel Wallace, Ia mengatakan bahwa fauna yang ada di Pulau Lombok berbeda dengan fauna yang ada di Pulau Bali, meskipun kedua pulau tersebut sangat berdekatan. Garis Wallace terletak pada Selat Lombok hingga Selat Makassar yang merupakan tempat penyebaran fauna Asiatis. Daerah tersebut meliputi Sumatera, Jawa, Kalimantan, dan Bali yang terletak di sebelah barat Garis Wallace.
  • Garis Weber merupakan garis khayal yang membatasi jenis fauna Indonesia di bagian tengah atau tipe peralihan dengan bagian timur atau tipe Australis yang memanjang dari selatan timur laut Banda sampai laut Maluku.

Dengan adanya garis Walace dan garis Weber sebagai pembatas flora dan fauna, maka keanekaragaman flora dan fauna di Indonesia terbagi menjadi tiga wilayah dengan tipe yang berbeda, yaitu wilayah barat (Asiatis), wilayah peralihan dan wilayah timur (Australis).

Berikut penjelasan singkat perbedaan ketiga wilayah tersebut adalah:

  1. Fauna Barat/Asiatis yang tersebar di dataran Sunda atau wilayah barat Indonesia yang meliputi Sumatera, Jawa, Bali dan Kalimantan. Ciri-ciri fauna Asiatis yaitu dijumpainya banyak mamalia berukuran besar seperti gajah, badak, harimau, singa, banteng, kerbau, berbagai jenis ikan air laut dan air tawar, terdapat banyak tipe kera dan tidak dijumpai hewan berkantung. Adapun jenis floranya antara lain Raflesia arnoldi, anggrek, kantong semar, bunga bangkai, pohon jati, pohon karet dan pohon mahoni.
  2. Fauna Peralihan dibatasi oleh garis Wallace dan garis Weber. Persebarannya meliputi kawasan Maluku, Sulawesi, maupun Nusa Tenggara. Contoh fauna peralihan antara lain Komodo, Anoa, Kuskus dan Biawak dan burung maleo. Adapun jenis floranya antara lain lontar, cendana, cengkeh dan boni.
  3. Fauna Australis wilayahnya tersebar di dataran Sahul atau wilayah timur Indonesia seperti Papua. Contoh fauna Australis antara lain kanguru, Kasuari, kuskus, Cendrawasih dan Amfibi. Adapun jenis floranya antara lain kina, matoa, siwalan, sagu dan buah merah.

Semoga bermanfaat ^_^

Maaf kalau salah

Jawaban:

– di nusa tenggara masih memiliki beberapa jenis fauna dan flora yang cukup banyak jumlahnya sedangkan di pulau jawa sudah jarang kita melihat flora dan fauna karena banyaknya gedung gedung modern.

-di nusa tenggara daerahnya masih sederhana sehingga masyarakat disana lebih merawat pelestarian flora dan fauna disana.

Penjelasan:

semoga membantu ya.dan jadikan jawaban terbaik ya