Berlari kemudian melempar bola merupakan kombinasi gerak dasar. . . .

Posted on

a. Non lokomotor dan lokomotor
b. Manipulatif dan lokomotor
c. Lokomotor dan manipulatif
d. Manipulatif dan non lokomotor

Tolong di jawab yaaa

Berlari kemudian melempar bola merupakan kombinasi gerak dasar. . . .

Jawaban Terkonfirmasi

Jenis kombinasi gerak dasar yang dilakukan dengan melakukan gerakan lari lalu dilanjutkan dengan melempar bola adalah (C) lokomotor dan manipulatif.

Pembahasan

Gerak dasar adalah gerakan yang terbentuk karena adanya pengulangan terhadap suatu gerakan yang dilakukan oleh anggota tubuh dan juga merupakan kebiasaan. Pada dasarnya, gerakan dasar adalah gerakan-gerakan yang dilakukan sehari-hari atau gerakan yang dilakukan dalam melakukan suatu cabang olahraga tertentu. Gerakan dasar tersebut bisa dibagi menjadi:

  • Gerak manipulatif: jenis gerakan dasar yang melibatkan penggunaan suatu objek lain selain anggota tubuh untuk melakukan suatu aktivitas. Contoh gerakan manipulatif adalah menendang bulu, melempar bola, memukul kok menggunakan raket, memukul bola kasti menggunakan tongkat, dll.
  • Gerakan lokomotor: jenis gerakan dasar yang dilakukan dengan menggerakkan seluruh anggota tubuh dan menyebabkan perpindahan tempat. Contoh gerakan lokomotor adalah berjalan, berlari, melompat ke depan, melangkah, berguling ke depan, dll.
  • Gerakan non-lokomotor: jenis gerakan dasar yang dilakukan dengan hanya menggerakkan sebagian atau beberapa bagian dari anggota tubuh dan tidak menyebabkan perpindahan tempat. Contoh dari gerakan non-lokomotor adalah mengayunkan lengan, menarik kaki ke belakang, mengangkat kedua lengan ke atas, dll.

Pelajari lebih lanjut

Materi tentang gerakan manipulatif dalam permainan tenis meja

brainly.co.id/tugas/25200323

Materi tentang gerakan lokomotor dan non-lokomotor dalam permainan bola basket

brainly.co.id/tugas/23808834

Materi tentang gerakan lokomotor dalam permainan bulutangkis

brainly.co.id/tugas/31824667

Detail jawaban

Kelas: 3

Mapel: Penjaskes

Bab: 1 – Kombinasi Gerak Dasar

Kode: 3.22.1

#AyoBelajar