Cara menyelesaikan kertas kerja

Posted on

Cara menyelesaikan kertas kerja

Kertas kerja / nerca lajur dibuat dengan tujuan mempermudah dalam penyusunan laporan keuangan. Kertas kerja terdiri dari 5 kolom, yakni Neraca Saldo, Jurnal Penyesuaian, Neraca Setelah Disesuaikan, Laba Rugi, Neraca.
1. Kolom neraca saldo
Kita tinggal memasukkan nominal/saldo setiap akun sesuai neraca saldo
2. Kolom jurnal penyesuaian
Kita tinggal memasukkan nominal2 yg ada dlm jurnal penyesuaian sesuai akun dan letak debit kreditnya.
3. Kolom neraca stelah disesuaikan
Kita disuruh menghitung saldo hasil penyesuaian setiap akun dengan menambah/mengurangi saldo di neraca saldo. Contoh: saldo perlengkapan di NS 40jt (D), saldo perlengkapan di JP 2jt (K), maka saldo NSD 40-2=38jt (D). Mengapa dikurangi? Karena tempat saldonya berbeda, di NS saldo berada di debit, sementara di JP berada di kredit. Jika keduanya sama, tinggal dijumlah.
4. Kolom laba rugi
Akun yg dimasukkan ke kolom ini yaitu akun pendapatan & beban. Nominal didapat dari NSD. Jika sudah dimasukkan, lalu dijumlah tiap debit & kredit. Hasilnya selisih / tidak balance. Jika debit lebih kecil dari kredit, maka selisih ditulis di debit (ditulis dibawahnya jumlah). Begitu sebaliknya. Jika selisih di kolom laba rugi berada di debit, berarti perusahaan mengalami laba. Begitu sebaliknya. Hasil akhir harus balance.
5. Kolom neraca
Akun yg dimasukkan ke kolom ini yaitu akun aktiva, utang, modal. Nominal didapat dari NSD. Jika sudah dimasukkan, lalu dijumlah tiap debit & kredit. Hasilnya selisih / tidak balance. Jika debit lebih kecil dari kredit, maka selisih ditulis di debit (ditulis dibawahnya jumlah). Begitu sebaliknya. Jika selisih di kolom neraca berada di kredit, berarti perusahaan mengalami laba. Begitu sebaliknya. Hasil akhir harus balance.

Maaf jika membingungkan ^_^