Penanya: “Bisakan Anda gambarkan bagaimana situasi permasalahan pertanian padi di Karawang saat ini?”

Posted on

Narasumber: "Saat ini petani dalam kondisi berat. Hujan terus menerus sepanjang Desember sampai Februari membuat petani terlambat tanam, yang seharusnya pada awal Desember menjadi mundur 3 bulan sampai sekarang."

Penanya: "Apa dampak kemunduran tanam tersebut?"

Narasumber: "Dampak yang paling jelas adalah tidak ada lapangan pekerjaan bagi buruh tani karena olah lahan dan tanam belum dimulai. Tetangga saya, seorang petani mengatakan kalau simpanan beras mereka sudah habis. Simpanan saya sendiri tidak cukup untuk dua bulan ke depan. Petani ragu-ragu menanam karena takut akan kebanjiran. Beberapa petani yang nekat menanam malah menjadi rusak karena diterjang hujan deras dan terpakasa rugi harus mengulang 2-3 kali tanam."

1. Pokok informasi kutipan dialog di atas . . .
a. Petani Karawang kesulitan memperoleh bibit padi.
b. Hujan deras yang mengguyur Karawang menyebabkan longsor.
c. Masa tanam di Karawang mundur selama tiga bulan karena hujan.
d. Banyak buruh tani di Karawang yang beralih profesi menjadi tukang batu di Jakarta.
2. Berdasarkan isi dialog di atas, dampak yang dirasakan petani yaitu . . .
a. Tanah pertanian menjadi subur.
b. Petani kesulitan memperoleh air.
c. Petani mengalami keuntungan besar.
d. Tidak ada lapangan kerja untuk petani.
3. Kesimpulan kutipan dialog di atas yang paling tepat . . .
a. Petani di Karawang gagal panen . Hujan sepanjang hari yang terjadi selama dua hari menyebabkan banyak sawah yang terendam. Akibatnya, musim panen kali ini banyak petani yang mengalami kerugian.
b. Hujan sepanjang hari yang terjadi di Karawang menyebabkan banjir. Hujan tersebut juga menyebabkan musim tanam mundur. Musim tanam mundur selama tiga bulan karena kondisi sawah masih rusak akibat banjir. Akibatnya, banyak buruh tani yang kehilangan pekerjaan.
c. Kondisi sawah di Karawang rusak parah akibat banjir.Banjir terjadi karena hujan terjadi sepanjang hari di Karawang. Akibatnya, banyak sawah yang terendam dan tidak dapat ditanami. Petani pun mengalami kerugian yang sangat besar.
d. Petani di Karawang tidak dapat melakukan penanaman bibit padi karena sawah mereka rusak. Mereka menunggu hingga sawah dapat ditanami kembali. Selama menunggu musim tanam, mereka mencari pekerjaan lain seperti menambang pasir di sungai.

Penanya: “Bisakan Anda gambarkan bagaimana situasi permasalahan pertanian padi di Karawang saat ini?”

1. C
2.D
3.D
mungkin yahh