Dalam permainan tali merdeka, ada 2 penentuan dalam pembagian kelompok, sebutkan dan jelaskan ?

Posted on

kalau asal asalan saya rapor​

Dalam permainan tali merdeka, ada 2 penentuan dalam pembagian kelompok, sebutkan dan jelaskan ?

Jawaban:

Dalam permainan lompat tali, filosofinya yaitu dalam menjalani hidup, ada banyak rintangan yang harus kita lewati. Semakin tinggi “level” rintangan maka akan semakin sulit. Jika kita mampu melewati semua rintangan itu, maka kita akan mendapat kebahagiaan di dunia dan akhirat. Kata “merdeka” dalam level terakhir permainan ini mengibaratkan siapa yang mampu melewati semua rintangan akan mendapat ” kemerdekaan”.

Nilai-nilai budaya lokal, Salah satunya ada pada permainan tradisional anak.

Permainan tradisional memiliki arti tersendiri dalam menanamkan sikap, perilaku, dan keterampilan pada anak. Ada makna yang luhur yang terkandung di dalamnya, seperti nilai agama, nilai edukatif, norma, dan etika  yang kesemuannya itu akan bermanfaat dalam kehidupan bermasyarakat kelak. Terdapat delapan belas nilai karakter yang berasal dari nilai-nilai luhur universal, yaitu: (1) religius,

(2) jujur,

(3) toleransi,

(4) disiplin,

(5) kerjakeras,

(6) kreatif,

(7) mandiri,

(8) demokratis,

(9) rasa ingin tahu,

(10) semangat kebangsaan,

(11) cinta tanah air,

(12) menghargai prestasi,

(13) bersahabat/komunikastif,

(14) cinta damai,

(15) gemar membaca,

(16) peduli lingkungan,

(17) peduli sosial,

(18) tanggung jawab.

Delapan belas nilai karakter bersumber pada paling utama adalah agama, pancasila, budaya, tujuan pendidikan nasional dan norma masyarakat indonesia.

Permainan yang terdiri dari 2 kelompok yaitu pemegang tali dan pelompat tali. permainan diadakan, terlebih dahulu semua pemain akan dibagi menjadi 2 kelompok. Pemain tali merdeka ini berjumlah bilangan genap biasanya 2-10 orang, artinya satu tim terdiri dari 5 orang anggota.

Penjelasan:

follow chikgo id please