tentukanlah struktur teks persuasif dari gambar dibawah ini! pembukaan/judul tesis, argumen, rekomendasi​

Posted on

tentukanlah struktur teks persuasif dari gambar dibawah ini! pembukaan/judul tesis, argumen, rekomendasi​

tentukanlah struktur teks persuasif dari gambar dibawah ini! pembukaan/judul tesis, argumen, rekomendasi​

Penjelasan:

Persuasif bisa dikatakan yang sifatnya membujuk atau mengajak supaya pembaca/pendengar untuk melakukan sesuatu yang diinginkan oleh si penulis.

Mengidentifikasi Struktur Teks Persuasi

1. Pengenalan isu : Berisi pengantar atau

penyampaian tentang masalah yang menjadi dasar tulisan atau pembicaraan.

2. Rangkaian Argumen : Pada bagian ini penulis mengemukkan sejumlah pendapat terkait dengan isi yang dibicarakan.

3. Pernyataan Ajakan : Pada bagian ini penulis menyajikan kalimat-kalimat ajakan, imbauan, atau saran yang ditujukan kepada pembaca seperti Ayo, Mari, hingga kata perintah jangan.

4. Penegasan Ulang : Pada bagian ini penulis menyajikan kalimat rekomendasi sebagai penegasan ulang tentang apa yang disampaikan seperti oleh karena itu, dengan demikian, laksanakanlah, demikianlah, dan sebagainya.

____________________

Pembahasan:

Tema/topik = Penggunaan Pupuk Organik, dari sinilah kita dapat memahami judulnya yaitu mengenai tentang penggunaan pupuk organik.

1. Pengenalan Isu

Penggunaan pupuk dikalangan petani adalah hal mutlak yang harus dilakukan. Pupuk adalah salah satu komponen penting dalam pertanian. Ada dua macam pupuk, yaitu pupuk organik dan pupuk anorganik. Tiap pupuk memiliki kelebihan dan kekurangan.

2. Rangkaian Argumen

Pupuk organik atau pupuk hijau merupakan pupuk yang terbuat dari bahan-bahan oragnik, seperti kotoran hewan atau tumbuhan. Pupuk organik ini berperan dalam meningkatkan kesuburan fisik, kimia, dan biologi tanah. Selain itu, penggunaan pupuk anorganik telah membuat tanah menjadi semakin keras dan berkurangnya unsur hara. Hal itu berimbas pada berkurangnya produksi hasil pertanian.

3. Pernyataan Ajakan

Oleh karena itu, sudah sebaiknya, para petani kembali pada pupuk organik. Selain harganya yang murah, jelas pupuk organik dapat memberikan keuntungan yang lebih tinggi. Jadi, marilah kita sukseskan kembali penggunaan pupuk organik di kalangan petani di Indonesia.

4. Penegasan Ulang

Pupuk organik sendiri memberikan banyak manfaat. Pertama, membuat kondisi tanah semakin membaik. Pupuk organik memiliki unsur mikro yang lebih lengkap daripada pupuk anorganik. Karena memiliki unsur hara yang lebih tinggi, pupuk organik dapat menjaga kelembapan tanah. Selain itu, pupuk organik mampu menjaga dan merawat tingkat kesuburan tanah.

Pelajari Lebih Lanjut

Langkah-langkah menyusun teks persuasi : brainly.co.id/tugas/10621999

Contoh Teks Persuasi di bidang Pendidikan : brainly.co.id/tugas/14902096

Memahami Struktur Teks Persuasi beserta contohnya : brainly.co.id/tugas/14495621

Detail Jawaban:

Mapel : Bahasa Indonesia

Kelas : VIII

Materi : Menganalisis Struktur Teks Persuasi

Semester : 2

Bab : 1 Teks Ulasan

Kode Kategorisasi : 8.1.1

これがお役に立てば幸いです