Tolong ya nanti gua lasih jawaban bintang ama like dan poin ​

Posted on

Tolong ya nanti gua lasih jawaban bintang ama like dan poin ​

Tolong ya nanti gua lasih jawaban bintang ama like dan poin ​

Tanaman dan cara berkembang biaknya, antara lain wortel dengan umbi akar Arbei dengan geragih, bawang merah dengan umbi lapis, Kentang dengan umbi batang,Kunyit dengan Rhizoma, Pisang dengan Tunas, Cocor bebek dengan Tunas adventif, pinus dengan Pakis Haji dengan Tunas, Paku – pakuan dengan spora, Lumut dengan Spora.

boxed{boxed{Pembahasan:}}

Pembahasan:

Reproduksi Pada Tumbuhan

Pada Tumbuhan angiospermae melakukan reproduksi secara seksual (Generatif) dan aseksual (vegetatif) :

Reproduksi Aseksual Alami (Vegetatif)

Merupakan reproduksi tanpa melalui proses ferilisasi, Atau tidak melalui peleburan sel kelamin jantan dan sel kelamin betina tetapi menggunakan bagian – bagian tubuh yang bersifat meristematis (mengalami pembelahan). Berikut penjelasannya :

1. Rhizoma (Rimpang)

Adalah modifikaksi batang yang menjalar dalam tanah . kemudian pada batang ini akan muncul akar dan tumbuh menjadi individu baru, Contohnya pada Jahe, lengkuas, kencur dan kunyit.

2. Stolon (Geragih)

Stolon atau geragih adalah bagian batang yang menjalar diatas permukaan tanah. Kemudian pada ruas – ruasnya akan muncul akar dan tumbuh menjadi individu baru, Contohnya pada Pegagan Atau tapak kuda, stroberi dan arbei.

3 Umbi Lapis

Merupakan batang pendek yang tumbuh dalam tanah dengan daun berlapis – lapis yang tebal berbentuk seperti sisik dan berdaging. Contohnya pada Bawang merah (Allium cepa.L ) dan Bunga Tulip.

4.Umbi batang

Adalah bagian batang yang tumbuh dan berkembang dalam tanah, merupakan tempat penyimpanan cadangan makanan. Contohnya pada Kentang (Solanum tuberosum.L)

5. Umbi Akar

Bagian akar yang berisi cadangan makanan , dan memiliki batang pendek paa pangkalnya sebagai tempat tumbuhnya individu baru. Contohnya pada Wortel (Daucus carrota.L)

6. Tunas

Bagian Tumbuhan yang dapat tumbuh menjadi individu baru, Tunas bisa berada di ujung batang, atau ketiak daun dan ruas – ruas batang, Contohnya pada Pisang (Musa Paradisceae. L) , tunas muncul pada dekat batang.

7. Tunas adventiv

Adalah tunas yang tumbuh pada bagian tubuh individu dewasa , misalnya pada daun atau akar. Contohnya pada Cocor bebek tunas muncul pada bagian tepi daun, dan Cemara Tunas tumbuh pada bagian akar.

Pada Tumbuhan Gymnospermae

Adalah kelompok Tumbuhan berbiji terbuka contohnya pada Mlinjo (Gnetum gnemon,L) , Pinus (Pinus merkusii.L) Alat Reproduksi pada pinus berupa Srobilus jantan dan strobilus betina dan Pakis Haji (Cycas rumpii.L) bereproduksi secara vegetatif dengan cara Tunas .

Pada Lumut Dan Paku – pakuan

kemuduan reproduksi pada Tumbuhan Lumut (Bryophyta) dan Tumbuhan Paku (Pteridoophyta) melalui tahapan metagenesis yaitu pergiliran keturunan melalui tahapan vegetatatif yaitu tahapan sporofit (dengan membentuk spora) dan generatif yaitu tahapan gametofit (dengan peleburan gamet jantan dan gamet betina) secara bergiliran.

Pada lumut tahapan gametofit lebih dominan daripada tahapan sporofit, sedangkan pada tumbuhan paku tahapan sporofit yang lebih dominan.

Selain melalui spora lumut juga mengalami vegetatif dengan fragmentasi, yaitu saat lumit melepaskan bagian tubuhnya dan membentuk individu baru.

boxed{Kesimpulan:}

Kesimpulan:

Wortel dengan umbi akar, Arbei dengan geragih, Kentang dengan umbi batang, Kunyit dengan Rhizoma, Bawang merah dengan umbi lapis, Pisang dengan Tunas, Cocor bebek dengan Tunas adventif, pinus dengan Pakis Haji dengan Tunas, Lumut dengan Spora(melalui metagenesis) dan Paku – pakuan dengan spora (juga melalui metagenesis)

Semoga Berguna Kakak